test

News

Senin, 2 Januari 2023 10:40 WIB

Sempat Tergenang Air, Kereta Api Lintas Utara Jawa Normal Kembali

Editor: Fitriawan Ginting

Perjalanan kereta api. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Genangan air yang menutupi beberapa rel perjalanan Kereta Api di Semarang, Jawa Tengah kini kembali normal. PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan perjalanan kereta api (KA) lintas utara Jawa sudah kembali aktif.

"Kami sudah mendapat informasi, kondisi petak jalan di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang pada pukul 05.00 WIB sudah bisa dilewati KA. Artinya sudah normal ya,” kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto Krisbiyantoro, Senin (2/1/2023).

Dilanjutkan Krisbiyantoro, dari Senin pagi ini tidak ada lagi perjalanan kereta api lintas utara Jawa yang dialihkan melalui jalur selatan atau melewati Purwokerto. Namun demikian, dia mengakui, jika hingga Senin dini hari tadi, masih ada beberapa kereta api lintas utara Jawa yang perjalanannya memutar melalui Purwokerto.
Terkait dengan adanya pengalihan perjalanan tersebut, Krisbiyantoro mengatakan PT KAI Daop 5 Purwokerto melakukan overstappen bagi penumpang kereta api yang sedianya akan turun di beberapa stasiun lintas utara Jawa khususnya Brebes, Tegal, dan Pekalongan.

"Overstappen dilakukan dengan memindahkan penumpang kereta api yang hendak menuju kota-kota tertentu menggunakan moda transportasi bus," urainya.
Diungkapkan Krisbiyantoro, dari data yang ada, PT KAI Daop 5 Purwokerto pada hari Minggu, 1 Januari 2023, melakukan overstappen bagi 186 penumpang dari empat KA lintas utara Jawa yang mengalami pengalihan rute perjalanan.

Menurutnya, keempat kereta api itu terdiri atas KA 7033/251s Brantas Tambahan relasi Blitar-Pasar Senen yang berdasarkan manifes terdapat sebanyak 36 penumpang turun di Pekalongan, 26 penumpang turun di Tegal, dan 29 penumpang turun di Brebes.

BERITA TERKAIT