test

News

Rabu, 28 Desember 2022 06:01 WIB

BPBD DKI Jakarta Siapkan Strategi Antisipasi Cuaca Ekstrem

Editor: Hadi Ismanto

Warga diimbau waspada cuaca ekstrem memasuki musim hujan. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyiapkan empat strategi dalam mengantisipasi cuaca ekstrem dan gempa yang mengancam Ibu Kota.

Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan strategi pertama adalah menyiapkan teknologi modifikasi cuaca apabila terjadi cuaca ekstrem di Ibu Kota.

"Pemprov DKI Jakarta kerja sama dengan BNPB, BRIN, dan TNI AU, akan membahas kemungkinan modifikasi cuaca apabila terjadi cuaca ekstrem di Jakarta," ungkap Isnawa Adji saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (27/12/2022).

Adapun strategi kedua, lanjut Isnawa, pihaknya akan memantau ketahanan bangunan gedung bertingkat maupun yang lainnya. Hal ini berkaitan dengan ancaman gempa.

"Belajar dari kejadian gempa Cianjur, bangunan- bangunan harus kembali kita pantau. Kita cek keberadaan gedung-gedung bertingkat maupun gedung lainnya," tuturnya.

Lebih lanjut Isnawa menjelaskan, kekuatan gedung di Jakarta perlu terus dipantau. Termasuk pembangunan sekolah di Jakarta, harus dimasukkan unsur ketahanan gempa.

"Ini kita bekerja sama dengan Dinas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan lain-lain," ujarnya.

BERITA TERKAIT