test

Kesehatan

Jumat, 11 November 2022 10:04 WIB

Jaga Kesehatan, Begini Lima Cara Alami Detoksifikasi Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Anda mungkin perlu melakukan detoksifikasi atau menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Mungkin kamu sering mendengar istilah detoksifikasi atau menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Proses detoksifikasi tubuh bisa dilakukan tidak hanya dari makanan yang di konsumsi, tapi juga dari gaya hidup Anda.

Proses detoksifikasi akan membantu menyehatkan tubuh, menjaga kesehatan, melindungi Anda dari penyakit, meningkatkan sirkulasi darah, menjaga berat badan yang sehat, memiliki pikiran positif hingga menjaga tingkat energi.

Langkah pertama detoksifikasi tubuh adalah puasa, yang membantu organ untuk beristirahat seperti hati dan ginjal. Organ ini membantu proses detoksifikasi untuk menghilangkan racun dari tubuh melalui kulit, ginjal dan usus.

Seperti dilansir dari laman health shots, Jumat (11/11/2022), berikut lima cara alami untuk detoksifikasi tubuh, di antaranya:

1. Hindari Makanan Manis
Konsumsi makanan manis secara teratur dapat menghambat cara detoksifikasi tubuh Anda. Makanan tinggi gula bisa merusak hati dan ginjal Anda.

Makanan tinggi gula juga dapat menyebabkan perlemakan hati. Makanan manis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas dan diabetes.

2. Hindari Alkohol
Minum alkohol dapat menyebabkan peradangan. Alkohol juga bisa merusak fungsi hati Anda.

3. Batasi Asupan Kafein
Kafein tidak baik untuk sistem tubuh. Kopi mengandung kafein dalam jumlah tinggi yang dapat mengganggu proses alami detoksifikasi. Kopi dapat mempersulit tubuh untuk mengatur proses detoksifikasi normal di hati.

4. Olahraga Secara Teratur
Olahraga mengurangi risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung, hipertensi, diabetes dan sebagainya.

5. Konsumsi Buah dan Sayur
Salah satu cara terbaik untuk mendetoksifikasi tubuh Anda adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat. Anda bisa makan makanan yang kaya vitamin dan mineral yang membantu membersihkan tubuh dan membuang racun.

BERITA TERKAIT