test

Kesehatan

Kamis, 10 November 2022 10:04 WIB

Jangan Langsung Dibuang, Ini Lima Manfaat Kantong Teh Celup

Editor: Hadi Ismanto

Kantong teh ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Para peneliti dan ahli kesehatan menyebut teh sebagai minuman yang menyehatkan karena memiliki sifat antioksidan, antipenuaan, dan antiperadangan. Tapi selain itu, kantong teh ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Seperti dikutip dari laman WebMD, Kamis (10/11/2022), berikut lima manfaat yang bisa didapatkan dari kantong teh yang biasa kita minum.

1. Mengempiskan Mata Bengkak
Tampilan mata yang bengkak bisa diatasi dengan mengompres mata dengan kantung teh berkafein. Untuk melakukan kompres ini, rendam terlebih dahulu dua kantung teh dengan air hangat, seperti sedang menyeduh teh.

Setelah itu, simpan kantung teh di dalam kulkas bagian bawah selama beberapa menit. Ambil teh dari kulkas dan kompres kedua mata dengan kantung teh. Diamkan kantung teh selama lima menit.

2. Mengobati Luka Kecil
Kantung teh hitam bisa membantu meringankan rasa nyeri dan meredakan bengkak akibat luka kecil. Untuk melakukannya, buka kantung teh hitam, kukus teh dan dinginkan terlebih dahulu, selanjutnya tempelkan teh pada area yang luka selama beberapa menit.

3. Meredakan Sakit Gigi
Sakit gigi yang mengganggu bisa diredakan dengan kantung teh peppermint. Untuk melakukannya, cukup tempelkan kantung teh peppermint pada gigi dan gusi.

Menggigit kantung teh juga dapat membantu mengontrol perdarahan setelah menjalani prosedur mencabut gigi. Terkait rasa nyeri, jangan lupa untuk tetap memeriksakan masalah gigi ke dokter gigi.

4. Meredakan Gatal Gigitan Serangga
Gigitan serangga bisa memunculkan rasa nyeri dan gatal. Kedua keluhan ini bisa diredakan dengan kompres kantung teh. Untuk melakukannya, basahi kantung teh, peras, lalu letakkan pada area yang terkena gigitan serangga selama 15-20 menit.

5. Mengurangi Masalah Kulit
Kompres kantung teh hitam dapat membantu meringankan inflamasi dan menenangkan kulit, ruam yang gatal seperti dermatitis wajah.

BERITA TERKAIT