test

News

Jumat, 30 September 2022 17:23 WIB

Presiden Jokowi Dijadwalkan Pimpin Upacara HUT TNI ke-77

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan kepada anggota KADIN seluruh Indonedia di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan untuk menjadi inspektur upacara (Irup) peringatan HUT ke-77 TNI. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung di Istana Kepresidenan, 5 Oktober 2022.

"Perlu kami jelaskan kepada seluruh masyarakat bahwa pada 5 Oktober acara HUT TNI ke-77 diadakan di Istana, dilanjutkan dengan defile sampai dengan Bundaran HI," ungkap Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono kepada wartawan, Jumat (30/9/2022).

Sementara itu, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono mengatakan setelah upacara akan ada beberapa atraksi yang ditampilkan dalam perayaan HUT TNI. Salah satunya manuver pesawat tempur F16.

"Irupnya direncanakan Bapak Presiden RI. Kemudian kami akan menyampaikan rangkaian setelah upacara, nanti ada fly pass pesawat F16. Kemudian ada helikopter yang membawa giant flag. Kemudian ada acrobatic dari jupiter," terang Eko.

Setelah itu, Jokowi akan melakukan video conference dengan sejumlah prajurit. Para prajurit itu berada di sejumlah titik perbatasan Indonesia. Selanjutnya, Presiden juga diagendakan untuk menuju ke depan Istana untuk melihat kendaraan tempur yang dimiliki TNI.

"Kemudian presiden keluar menuju ke depan istana ke jalan. Di sana presiden akan melihat beberapa kendaraan tempur yang terbaru yang kita miliki. Yang akan kita tampilkan secara statis," tutur Eko.

Jokowi kemudian menuju ke panggung untuk menerima defile pasukan TNI dan alutsista. Ada sejumlah kendaraan tempur yang dihadirkan. "Di mana nanti di pasukan ada drum band ya juga, kemudian setelah itu pasukan yang ikut upacara dan defile ranpur. Sebanyak 63 ranpur," tukas Eko.

BERITA TERKAIT