test

Hukrim

Rabu, 7 September 2022 19:23 WIB

Polri: Pemeriksaan Lie Detector Istri Ferdy Sambo dan ART Hasilnya Sama

Editor: Hadi Ismanto

Tersangka Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi adegan rekontruksi. (Foto: PMJ/Tangkapan Layar)

PMJ NEWS - Bareskrim Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap Putri Candrawathi dan seorang ART bernama Susi dengan menggunakan alat pendeteksi kebohongan (lie detector). Hasil pemeriksaan keduanya memiliki hasil yang sama.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pemeriksaan dengan lie detector untuk menjunjung pro justitia atau demi keadilan. Namun, dia tidak menjelaskan terkait hasil pemeriksaan karena merupakan materi penyidik.

"Hasil lie detector atau polygraph yang sudah dilakukan terhadap saudari PC dan juga saudari S, sama. Setelah saya berkomunikasi dengan Puslabfor dan operator polygraph hasil lie detector itu adalah pro justitia," ujar Dedi kepada wartawan, Rabu (7/9/2022).

"Itu juga konstruknya penyidik. Kenapa saya bisa sampaikan pro justitia? Setelah saya tanyakan taunya ada persyaratan, sama dengan Ikatan Dokter Forensik Indonesia. Untuk polygraph itu juga ada ikatan secara universal di dunia, pusatnya di Amerika," sambungnya.

Menurut Dedi, alat pendeteksi kebohongan yang dimiliki Puslabfor Polri sudah terverifikasi. Dengan verifikasi ini, lanjut dia, hasil pemeriksaan ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

"Alat polygraph yang digunakan oleh Labfor kita ini semuanya sudah ya terverifikasi dan juga sudah terverifikasi baik ISO maupun dari perhimpunan polygraph dunia," tukasnya.

BERITA TERKAIT