test

News

Selasa, 26 Juli 2022 06:33 WIB

Waspada! Banjir Rob Akan Terjadi di Pesisir Selatan Jawa Hari Ini dan Besok

Editor: Ferro Maulana

Banjir rob di sepanjang wilayah Pantura. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terhadap potensi banjir pesisir (banjir rob) di kawasan pesisir selatan Jawa hari ini Selasa (26/7/2022) sampai besok Rabu (27/7/2022).

Adapun potensi banjir rob tersebut disebabkan oleh fenomena fase bulan baru.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo  menjelaskan fenomena fase bulan baru juga menyebabkan gelombang tinggi hingga 6 meter.

“Adanya fenomena fase bulan baru dan peningkatan kecepatan angin yang konsisten hingga 46 km/jam di pesisir selatan Jawa menyebabkan gelombang tinggi mencapai 4.0 - 6.0 meter yang dapat memberikan dampak terhadap potensi banjir pesisir di wilayah tersebut,” tutur Eko dalam siaran persnya, Senin (25/7/2022).

Menurut Eko, berdasarkan analisis dan prediksi BMKG, pasang surut dan adanya potensi angin kencang dan gelombang tinggi, situasi banjir pesisir tersebut bisa berlangsung tanggal 26 - 27 Juli 2022 di pesisir selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Ketinggian banjir pesisir berbeda di tiap wilayah,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, menruut Eko, kondisi itu secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Antara lain, aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

 

BERITA TERKAIT