test

Kesehatan

Kamis, 16 Januari 2020 08:03 WIB

Vitamin B12 Penting Bagi Kesehatan Tubuh Kita, Ini Penjelasannya

Editor: Ferro Maulana

Nutrisi vitamin B12. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ - Vitamin  B12 merupakan nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan saraf dan sel-sel darah merah. Karena itu, tubuh kita sangat membutuhkan nutrisi vitamin B12.

Diet dengan mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin B12  menjadi kunci untuk menangkal resiko kekurangan vitamin B12.

Menurut Badan Kesehatan Inggris  (NHS) , orang dewasa antara usia 19 sampai 64 tahun membutuhkan sedikitnya 1,5 mikrogram vitamin B12 dalam sehari. Asupan yang kurang akan menyebkan defisiensi pada tubuh manusia.

Untuk diketahui, di Inggris, penyakit paling umum defensiasi vitamin B12 yaitu Anemia Pernisiosa yang merupakan suatu kondisi autoimun  yang mampu membuat tubuh menyerang jaringannya sendiri.

Akibatnya tubuh tidak mampu menyerap vitamin B12 dari makanan yang dikonsumsi. Salah satu gejala yang ditimbulkan yakni Anemia Pernisiosa yang mana tungkai kaki atau telapak kaki kita seperti ada rasa terbakar.

Selain itu, penderita Anemia Pernisiosa, memiliki gejala lain seperti masalah keseimbangan tubuh, sering pusing , sering kesemutan, kaki terasa di tusuk jarum dan kaki seperti terbakar, nyeri neuropatik, vertigo, serta gangguan sensorik

Selain itu, beberapa jenis obat justru mengurangi jumlah vitamin B12 dalam tubuh kamu. "Misalnya, proton pump inhibitor (PPIs), obat yang kadang-kadang digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, dapat memperburuk kurangnya vitamin B12," jelas NHS

Kekurangan vitamin B12 bukan hanya dapat dicegah dengan diet saja, kamu juga dapat mengonsumsi makanan yang secara alami mengandung vitamin B12. Misalnya daging, ikan salmon, udang, susu, keju dan juga telur. (EXPRESS/ IZA/ FER).

BERITA TERKAIT