test

Kesehatan

Minggu, 8 Maret 2020 21:38 WIB

Terungkap, Keraoke Miliki Manfaat Kesehatan Bagi Tubuh Kita Lho

Editor: Ferro Maulana

PMJ - Kamu salah satu orang yang punya hobi karaoke? Selama ini mungkin kamu mengira menganggap manfaat karoke hanya untuk bersenang-senang dan hiburan, tetapi jangan salah. Ternyata selain itu karaoke memiliki manfaat lainnya lho bagi kesehatan tubuh kamu.

Mau tahu apa saja?, Dilansir dari beberapa sumber, karaoke juga bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi orang-orang yang melakukannya. Adapun beberapa manfaat yang dimaksud, antara lain :

Menstimulasi otak

Saat bernyanyi, otak kamu bekerja dan berpikir untuk menyesuaikan dengan irama, melodi, dan lirik lagu pilihan.

Selain itu, karaoke juga melatih koordinasi antara mata saat melihat layar, telinga saat mendengar musik, otak untuk berpikir, mulut dan sekitarnya untuk memproduksi suara serta gerakan tubuh lain yang sesuai untuk mengikuti lagu.

Mengurangi stres

Beban pekerjaan yang padat sering membuat seseorang rentan mengalami stres. Salah satu cara yang ampuh untuk melepas stres dan penat yaitu dengan melakukan karaoke bersama teman atau kerabat, bahkan keluarga.

Karena karaoke membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin, sehingga kamu akan merasa lebih senang. Dengan ini, tingkat stres akan menurun ke level yang paling rendah. Hasilnya kamu akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, seperti darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung dan stroke.

Membantu meluapkan perasaan dan emosi
Sebagian orang memilih lagu yang sesuai dengan suasana hati saat melakukan karaoke. Hal ini sebenarnya membantu orang tersebut untuk meluapkan segala perasaan dan emosi yang terpendam, sehingga perasaannya akan lebih lega setelah sesi karaoke berakhir.

Meningkatkan daya ingat

Bernyanyi membutuhkan daya ingat untuk mengingat irama, lirik, serta bagian lain dari sebuah lagu yang dimainkan. Tak jarang, orang menyanyikan lagu-lagu lama saat karaoke untuk mengenang kembali momen-momen di masa kecil atau masa muda mereka.

Secara tidak sadar hal tersebut akan membangkitkan memori dan melatih daya ingat jangka panjang.

Melatih pernapasan

Saat berkaroke seseorang secara tidak sadar juga melatih pernapasan. Sebab, saat karaoke, kamu harus menarik napas dalam, dan mengeluarkan secara perlahan saat bernyanyi, kemudian menarik napas kembali untuk bisa mengucapkan lirik lagu berikutnya.

Jika hal itu disertai dengan gerakan joget, sistem pernapasan bisa menjadi lebih baik dan kalori yang terbakar akan semakin optimal.

Ajang sosialisasi dan meningkatkan kepercayaan diri

Karaoke biasanya dilakukan bersama-sama, sehingga dapat menjadi salah satu momen yang baik untuk melatih kemampuan bersosialisasi dengan rekan kerja, teman lama, sahabat semasa sekolah, atau dengan lingkungan yang baru.

Sering karaoke bersama juga dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu di antara orang-orang sekitar. (Foto: IST/ DBS/ FNI/ FER)

BERITA TERKAIT