test

Regional

Sabtu, 14 Mei 2022 09:14 WIB

536 Sapi di 3 Kabupaten Babel Terserang Penyakit Mulut dan Kuku

Editor: Ferro Maulana

Sapi yang terserang Penyakit Mulut dan Kuku. (Foto: Dok Net/ Istimewa)

PMJ NEWS -  Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerangkan, sebanyak 536 ekor sapi di tiga kabupaten positif terserang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Sebanyak 536 ekor sapi ini positif Penyakit Mulut dan Kuku," terang Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel Junaidy di Pangkalpinang, Jumat (13/5/2022) malam.

Menurutnya, sebanyak 536 ekor sapi positif PMK tersebar di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Selatan. Sedangkan, ratusan ternak di Kota Pangkalpinang, Bangka Barat masih status suspek PMK.

"Dua kabupaten kota yang di Pulau Bangka sudah suspek PMK. Suspek tersebut belum ada hasil laboratorium. Tetapi secara klinis sudah menunjukkan gejala penyakit itu," terangnya.

Masih dari penuturannya, saat ini 350 sampel darah sapi suspek PMK ini sudah dikirim ke Laboratorium Jawa Timur sebagai rujukan pemeriksaan sampel darah ternak PMK.

"Dalam dua hari ini hasilnya sudah keluar dan akan kita informasikan kepada masyarakat," tuturnya.

Ia melanjutkan, sebenarnya Indonesia bebas PMK pada 1986 dan mendapat pengakuan dari dunia internasional pada 1990.

Namun saat ini kita mendapatkan informasi wabah PMK ini di empat kabupaten dan kota Provinsi Jawa Timur.

"Kita harus mewaspadai dengan memperketat pengawasan lalu lintas ternak, guna mencegah masuknya virus PMK ini," tandasnya.

BERITA TERKAIT