test

News

Kamis, 13 Januari 2022 21:01 WIB

Tinjau Sarhunta, Jokowi Harap MotoGP Mandalika Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi meninjau sarana hunian pariwisata untuk mendukung gelaran MotoGP Mandalika 2022. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau sarana hunian pariwisata (sarhunta) berupa homestay di Dusun Ebangah dan Gerupuk, Desa Sengkol, Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (13/1/2022). Lokasi ini dibangun untuk mendukung gelaran MotoGP Mandalika 2022.

"Kita juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor tetapi juga memberikan efek ekonomi, memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat," jelas Jokowi.

"Oleh sebab itu, beberapa desa di sekitar Sirkuit Mandalika telah dibangun homestay yang dibantu dari pemerintah pusat, disiapkan oleh pemerintah daerah," sambungnya.

Jokowi optimisitis sarhunta yang telah dibenahi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut akan terisi penuh saat saat ajang balapan MotoGP Mandalika digelar.

"Tadi saya sudah mengecek satu per satu dari homestay yang telah dikerjakan oleh Kementerian PU. Nanti kita lihat bulan Maret apakah ini terisi atau tidak. Menurut saya InsyaAllah terisi semuanya," tuturnya.

Sebagai informasi, untuk mendukung gelaran MotoGP Mandalika 2022 Kementerian PUPR telah melakukan pembenahan 915 unit di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika, yang terdiri atas 398 homestay dan 517 rumah swadaya.

Sarhunta tersebut dapat menjadi alternatif akomodasi para wisatawan yang datang bekunjung demi menikmati ajang MotoGP. Hunian tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan ini di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kemudian Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, Wakil Bupati Lombok Tengah M. Nursiah, dan Komandan Lapangan MotoGP 2022 Hadi Tjahjanto.

BERITA TERKAIT