test

News

Senin, 29 November 2021 21:01 WIB

Jadi Ujung Tombak di Masyarakat, Satbinmas Siap Wujudkan Polri Presisi

Editor: Hadi Ismanto

Dialog Presisi dengan Kakorbinmas Baharkam Polri tentang Peran Binmas Wujudkan Polri Presisi. (Foto: PMJ News/Polri TV).

PMJ NEWS - Polisi Pembina Masyarakat (Binmas) adalah polisi masa depan yang menjadi ujung tombak Polri di Masyarakat. Para polisi tersebut merupakan bagian penting untuk mewujudkan rasa aman masyarakat dalam operasi Harkamtibmas.

Dalam melaksanakan tugasnya Satbinmas bertugas melaksanakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan penyuluhan, pemberdayaan perpolisian masyarakat,melakukan pengawasan dan koordininasi bentuk-bentuk pamswakarsa serta polsus.

Selain itu, Satbinmas melakukan kegiatan kerjasama dengan lembaga, ormas dan tokoh masyarakat guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kepala Korps Binmas Baharkam Polri, Irjen Pol Suwondo Nainggolan. (Foto: PMJ News/Polri TV).
Kepala Korps Binmas Baharkam Polri, Irjen Pol Suwondo Nainggolan. (Foto: PMJ News/Polri TV).



Kepala Korps Binmas Baharkam Polri, Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan jumlah personel Binmas seluruhnya mencapai 50 ribu. Dimana 37 ribu bertugas sebagai Bhabinkamtibmas, sisanya melaksanakan kegiatan bimbingan m

"Terkait dukungan dalam mewujudkan Polri Presisi. Sesuai program Kapolri bapak Listyo Sigit Prabowo yang diterjemahkan Kabaharkam kita terjemahkan di lapangan dari sisi pengumpulan informasi," ungkap Irjen Suwondo dalam acara Dialog Presisi Polri TV, Senin (29/11/2021).

"Dari sisi Prediktif ini kami hanya bicara terkait bagaimana 37 ribu Bhabinkamtibmas ditambah personel Binmas lain dan beberapa ormas dan pamswakarsa yang juga kita ikut sertakan dalam pemerolehan informasi," sambungnya.

Menurut Suwondo, pengumpulan informasi berbagai unsur tersebut akan digabungkan dalam sebuah sistem informasi yang telah dikembangkan dan dikelola menjadi Big Data yang dinamakan Binmas Online Sistem (BOS).

"Sehingga informasi-informasi yang kita dapat akan dikelola dalam Big Data. Dengan begitu, kita bisa memprediksikan apa yang terjadi ke depan setelah data tersebut dikelola. Itu satu peran para Binmas untuk mewujudkan Polri Presisi," jelasnya.

BERITA TERKAIT