test

News

Senin, 15 November 2021 19:07 WIB

Menkes Pastikan Covid-19 Delta Plus Inggris Belum Terdeteksi di Indonesia

Editor: Ferro Maulana

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan varian Delta AY.4.2 atau Delta plus asal Inggris, belum terdeteksi di Tanah Air. Meski begitu, Indonesia sudah memiliki sub varian Delta AY.4, AY.23, dan AY.24.

"Terbanyak di Indonesia adalah anaknya atau sub variannya AY.23, dan AY.24," ujarnya dalam siaran persnya, di Jakarta, Senin (15/11/2021).

Menkes melanjutkan, semua varian Delta memiliki mutasi genetik yang mirip. Maka, ia yakin kekebalan tubuh yang sudah terbentuk di lingkungan masyarakat mampu melawan jika varian Delta baru masuk ke Indonesia.

"Jadi kesimpulan kami sampai sekarang. Kalau misalnya ada masuk anaknya atau cucunya (varian Delta). Insya Allah harusnya kekebalan yang sudah terbentuk di masyarakat masih cukup untuk menanggulangi penyebaran tersebut," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menuturkan, pemerintah sudah mengidentifikasi 22 turunan varian Delta di Indonesia. Di antara turunan varian tersebut ada AY.1, AY.11, dan AY.16.

"Dari B1617.2 yang dulu kita kenal sebagai varian Delta itu sudah ada turunannya sebanyak 22 yang sudah kita identifikasi di Indonesia," terangnya belum lama ini.

 

BERITA TERKAIT