test

News

Minggu, 14 November 2021 18:10 WIB

Menaker Apresiasi Polri Tangani Kasus Pungli ke PMI di Wisma Atlet

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Instagram).

PMJ NEWS - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mengapresiasi jajaran Polri yang bergerak cepat menangani dugaan kasus pungutan liar (pungli) terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terjadi di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta.

"Kami mengapresiasi gerak cepat Polri menangani kasus ini," ujar Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah dalam keterangannya, Minggu (14/11/2021).

Kemnaker, kata Ida, mendorong semua pihak untuk memberikan perhatian khusus kepada PMI sebelum, selama, dan setelah bekerja dari luar negeri hingga pulang sampai daerah asal, termasuk ketika menjalankan karantina.

"Mereka harus dipastikan bebas dari perlakuan yang tidak adil dan pemerasan atau pungli," katanya.

Ida menambahkan, pihaknya sangat menyesalkan tindakan pungli yang menimpa PMI usai menjalani karantina tersebut. Ia meminta PMI, keluarga PMI, atau masyarakat yang menemukan tindakan pungli terhadap PMI untuk segera melaporkan ke pihak berwajib.

"Siapa saja yang mengetahui ada pungli, khususnya terhadap pekerja migran di manapun, agar melaporkan ke Kemnaker, Dinas Tenaga Kerja atau Kepolisian terdekat," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolsek Pademangan AKP Panji Ali Candra mengimbau warga untuk melaporkan ke polisi jika pernah menjadi korban pemerasan oleh oknum juru parkir di kawasan Wisma Atlet Pademangan. Khususnya usai menjalani karantina repatriasi dari luar negeri.

"Saya mengimbau kepada masyarakat yang mungkin pernah menjadi korban pemalakan di sekitar area Pademangan," terang Panji kepada wartawan di Jakarta Utara, Jumat (12/11/2021).

"Silakan bisa mendatangi Polsek Pademangan untuk bisa kami lakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mengembangkan masalah ini," sambungnya.

BERITA TERKAIT