test

Regional

Rabu, 3 November 2021 13:05 WIB

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Nias Sumut, Tak Berpotensi Tsunami

Editor: Ferro Maulana

Ilustrasi bencana gempa bumi. (Foto: Dok PMJ News)

PMJ NEWS - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Nias, Sumatera Utara, pada Rabu (3/11/2021) pagi, sekira pukul 07.50 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, episenter gempa berada pada koordinat 0,91 Lintang Utara dan 98,51 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 km arah Timur Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Sumatera Utara, dalam kedalaman 60 km.

Dari laporan BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia.

Adapun hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar mendatar (strike slip fault).

Sementra itu, guncangan gempa ini dirasakan di daerah Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Nias II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah).

Sampai sekarang ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi itu. Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Bagi warga diharapkan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Kemudian, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

BERITA TERKAIT