test

News

Senin, 25 Oktober 2021 13:50 WIB

BMKG: 21 Persen Wilayah Indonesia Masuk Musim Hujan

Editor: Hadi Ismanto

BMKG minta masyarakat waspada hujan disertai petir. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan berdasarkan jumlah ZOM (Zona Musim) setidaknya ada 21,35 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan.

"Berdasarkan jumlah ZOM, sebanyak 21,35 persen wilayah Indonesia sudah masuk musim hujan," demikian tulis BMKG dalam keterangannya, Senin (25/10/2021).

Adapun wilayah tersebut di antaranya Aceh bagian tengah, Sumatera Utara, sebagian besar Riau, Sumatera Barat, Jambi, sebagian besar Sumatera Selatan, Lampung bagian barat, Banten bagian timur, Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah bagian barat, dan sebagian Bali.

Kemudian, sebagian kecil Jawa Timur bagian selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, sebagian besar Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan bagian selatan dan timur, Kalimantan tengah bagian timur, Pulau Taliabu, Pulau Seram bagian selatan, dan Papua bagian tengah.

Sementara itu, meski hujan telah turun di beberapa daerah, masih 78,65% dari jumlah ZOM yang ada di Indonesia mengalami musim kemarau dan sejumlah 7 daerah tidak mengalami hujan lebih dari 2 bulan.

BMKG juga menyebut tujuh daerah yang sudah lama tidak mengalami hujan hingga berada pada kategori panjang ekstrem tersebar di dua provinsi, yakni NTB dan NTT.

Di NTB antara lain wilayah Bima (196 hari), dan Lombok Timur (75 hari). Sedangkan NTT di antaranya Sumba Timur (196 hari), Rote Ndao (122 hari), Kupang (117 hari), Sabu Raijua (115 hari), Lembata (114 hari).

BERITA TERKAIT