test

Kesehatan

Rabu, 13 Oktober 2021 10:05 WIB

Jangan Anggap Remeh, Ini Lima Gejala Stroke yang Kerap Diabaikan

Editor: Hadi Ismanto

Penyakit stroke sejatinya tidak datang tiba-tiba, umumnya akan menunjukkan gejala awal tidak menyadari dan cenderung meremehkan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Penyakit stroke sejatinya tidak datang tiba-tiba, umumnya akan menunjukkan gejala awal. Hanya saja, banyak orang tidak menyadari dan cenderung meremehkan kondisi tersebut.

Hal ini tentu sangat berbahaya sekali, yang perlu diupayakan yakni mencegah sejak merasakan gejala awal sebelum benar-benar mengalami serangan stroke. Tapi banyak juga yang tidak paham apa saja gejalanya.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (13/10/2021), berikut ini beberapa gejala awal stroke yang umum terjadi tanpa disadari.

1. Tremor Pada Tangan
Beberapa orang tentu pernah mengalami penyebab tremor pada jari tangan atau tangan yang gemetar. Terutama di saat usia semakin lanjut dan fungsi tubuh mengalami penurunan.

Banyak orangtua yang berpikir bahwa ini sekedar kelelahan atau kekurangan nutrisi baik vitamin dan mineral. Padahal tanpa disadari ini merupakan gejala awal dari penyakit stroke.

Dimana saraf dan respon otak tidak mengalami hubungan yang sinkron, sehingga tangan tiba-tiba gemetar. Sebaiknya jika menemukan kondisi seperti ini segera konsumsi vitamin B kompleks dan atur pola makan menjadi menu makanan yang lebih sehat.

2. Pusing Dan Sakit Kepala
Jika mengalami darah tinggi dan sering merasa pusing atau sakit kepala, maka sebaiknya hati-hati. Karena hal inilah gejala yang pasti merupakan penyebab stroke dan memiliki cikal bakal menuju pada serangan stroke.

Oleh sebab itu sebaiknya kurangi konsumsi garam pada makanan dan berupaya untuk menghindari makan makanan yang asin. Perbanyak istirahat supaya tekanan darah tidak terlalu tinggi dan tetap normal. Dengan begitu, resiko stroke dapat dihindari.

3. Mual Muntah
Ada kalanya rasa mual dan muntah ternyata bukan hanya gejala biasa. Ketika terjadi pembuluh darah yang makin menyempit maka aliran darah menuju otak tentu akan sering mengalami hambatan.

Hal ini maka suplai oksigen dalam darah menuju otak mengalami gangguan. Umumnya jika suplai darah dan oksigen kurang maksimal maka akan timbul rasa mual dan ingin muntah tanpa sebab. Oleh karena itu sebaiknya waspadai kondisi ini sedini mungkin.

4. Sulit Berpikir atau Konsentrasi
Hati-hati pula jika tiba-tiba di usia yang masih muda menjadi sulit berpikir dan konsentrasi. Karena bisa saja ini merupakan gejala awal stroke yang mengintai tubuh Anda.

Seperti misalnya ketika hendak mencari tahu ingatan tentang sesuatu dan tiba-tiba susah untuk mengingat. Atau misalnya tidak memahami perkataan orang dengan segera tidak seperti biasanya.

Hal ini bisa saja merupakan tanda dan gejala stroke bahwa terjadi gangguan pada pembuluh darah pada otak sehingga fungsi otak tidak lagi maksimal.

5. Sesak Nafas
Pada beberapa penderita sesak nafas umumnya mengira hanya sedang sakit flu atau hidung tersumbat. Namun ini adalah perkiraan yang salah besar. Karena berbeda antara flu sesak nafas dan gejala sesak nafas akibat tanda serangan stroke.

Biasanya jika tiba-tiba dada terasa sesak tanpa resiko alergi dan tiba-tiba susah bernafas tanpa ada dahak, maka bisa jadi ini merupakan gejala dari serangan stroke kedua pada tubuh Anda.

BERITA TERKAIT