test

News

Selasa, 5 Oktober 2021 17:05 WIB

11,99 Persen Wilayah Indonesia Masuki Musim Hujan, Sisanya Kemarau

Editor: Ferro Maulana

Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS -  Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) melaporkan sekarang 11,99 persen dari jumlah zona musim (ZOM) di wilayah Indonesia sudah memasuki musim penghujan .

Dari keterangan BMKG, wilayah yang tengah mengalami musim hujan meliputi Aceh bagian tengah, Sumatera Utara, sebagian besar Riau, Sumatera Barat, Jambi bagian utara, sebagian besar Sumatera Selatan, Kalimantan Utara, sebagian besar Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan bagian selatan dan timur, Kalimantan tengah bagian timur, dan Pulau Seram bagian selatan.

“Berdasarkan jumlah ZOM, sebanyak 11,99 persen wilayah Indonesia telah masuk musim hujan," demikian tulis BMKG melalui media sosial resminya, Selasa (5/10/2021).

Walaupun hujan telah turun di beberapa daerah, 88,01 persen dari jumlah ZOM yang ada di Tanah Air yaitu musim kemarau. Sebanyak 10 daerah di antaranya tidak mengalami hujan lebih dari 2 bulan.

Terdapat 10 daerah di 3 provinsi yang sudah lama tidak diguyur hujan hingga berada pada kategori panjang ekstrim.

Di Nusa Tenggara Timur (NTT) ada Kota Kupang (179 hari), Sumba Timur (176 hari), Kupang (174 hari), Rote Ndao (102) Nagekeo (102 hari), Belu (96 hari), Sabu Raijua (95 hari), Lembata (94 hari). Kemudian Bima, Nusa Tenggara Barat (176 hari) dan Buleleng, Bali (82 hari).

Sedangkan, beberapa kabupaten di Bali, NTB dan NTT berpotensi mengalami kekeringan meteorologis pada klasifikasi siaga dan awas untuk dua dasarian ke depan.

"Hemat dan gunakan air secara bijak, supaya dampak kekeringan akibat kemarau bisa kita hadapi bersama," imbau BMKG.

BERITA TERKAIT