test

News

Rabu, 22 September 2021 09:40 WIB

Presiden Jokowi Akan Sampaikan Pidato Dalam Sidang ke-76 Majelis Umum PBB

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Presiden Joko Widodo. (Foto: PMJ News/Instagram Sekretariat Kabinet)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato secara virtual dalam sidang ke-76 Majelis Umum PBB pada Kamis (23/9/2021) waktu Indonesia atau Rabu (22/9/2021) waktu New York. Hal tersebut telah dikonfirmasi langsung Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam keterangan persnya.

"Presiden RI akan menyampaikan pidato di Sidang ke-76 Majelis Umum PBB besok, Rabu 22 September sore waktu New York, atau Kamis pagi waktu Jakarta, secara virtual. Saya juga yang nantinya akan menghantarkan pidato Presiden," kata Retno dalam konferensi pers virtual, Rabu (22/9/2021) pagi.

Retno mengungkap saat ini dirinya tengah berada di New York untuk menghadiri High Level Week sidang ke-76 Majelis Umum PBB. Diketahui, agenda tersebut dilaksanakan secara hybrid pada tahun ini setelah sebelumnya dilakukan sepenuhnya secara virtual lantaran situasi pandemi.

Di tahun ini, tema Sidang Majelis Umum PBB yang diangkat adalah “Building resilience through hope - to recover from COVID19, rebuild sustainably, respond to the needs of the planet, respect the rights of the people, and revitalize the United Nations”.

"Tema ini tentunya menggambarkan apa saja tantangan yang masih dihadapi dunia untuk saat ini, dimulai dari virus Covid-19 sampai dengan perubahan iklim, dari kemiskinan yang semakin dalam akibat pandemi hingga masih terjadinya konflik di beberapa negara bagian," terangnya.

Terdapat total 195 negara yang akan berpartisipasi dalam High Level Week sidang ke-76 Majelis Umum PBB.

"Dari negara-negara di ASEAN, hampir semua pemimpin menyampaikan statement secara virtual (online), kecuali untuk Presiden Vietnam," pungkasnya.

BERITA TERKAIT