Kesehatan

Senin, 13 September 2021 10:20 WIB

Ahli Virologi: Virus Corona Varian Mu dan Lambada Tak Akan Lebihi Delta

Editor: Hadi Ismanto

Ahli virologi menyebut varian virus corona Mu tidak akan melebihi varian Delta. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Sejumlah ahli virologi menyebut virus Corona varian Mu dan Lambda tidak akan melebihi varian delta. Mereka memprediksi varian delta tetap mendominasi di antara varian lain yang menyebar di AS saat ini.

Seperti dipublikasi The Wall Street Journal yang dilansir laman Deseret, Senin (13/9/2021), saat ini varian delta mewakili sekitar 99 persen dari semua kasus Covid-19 di AS.

Seorang profesor di Departemen Kesehatan Internasional di Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg, Dr. Anna Durbin, mengatakan kepada Newsweek, varian lambda tidak akan memiliki peluang besar untuk melampaui varian delta.

“Lambda tidak akan mengalami masalah," ujar Durbin.

Menurut dia, varian virus suka bersaing satu sama lain. Persaingan antarvarian itu akan menciptakan varian yang paling kuat bertahan.

“Kami tahu bahwa varian Lambda memiliki beberapa mutasi yang sama dengan varian Delta yang kami pikir (akan) memungkinkannya untuk lebih menular, tetapi sulit untuk mengungguli varian Delta,” tuturnya.

Namun demikian, varian Mu maupun Lambda telah menimbulkan kekhawatiran di antara para ahli. Misalnya, satu penelitian, yang diterbitkan secara online melalui bioRxiv menemukan bahwa varian Lambda berpotensi menghindari vaksin.

"Lambda bisa menjadi ancaman potensial bagi masyarakat manusia," ucap Kei Sato dari Universitas Tokyo.

BERITA TERKAIT