test

News

Rabu, 1 September 2021 13:50 WIB

Satgas Covid-19: Waspada Lonjakan Kasus Akibat PON dan Libur Akhir Tahun

Editor: Hadi Ismanto

Angka kasus Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Satgas Penanganan Covid-19 menyiapkan antisipasi lonjakan kasus Covid-19 menjelang akhir tahun. Langkah mitigasi ini dilakukan terkait adanya event Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua pada Oktober mendatang dan libur akhir tahun 2021.

"Kita juga harus mulai mengantisipasi lonjakan kasus yang berpotensi terjadi akibat dari beberapa kegiatan spesifik seperti perhelatan PON dan libur panjang di bulan Desember," jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Selasa (31/8/2021).

Wiku mengingatkan pentingnya mengantisipasi dini dalam menekan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Dia menilai hal itu berperan penting untuk memastikan masyarakat dapat kembali beraktivitas secara produktif dan aman dari Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/Setpres).
Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/Setpres).

"Upaya penanganan ini juga akan menjadi kontribusi kita dalam usaha menurunkan status penularan Covid-19 di dunia," ucapnya.

Menurut Wiku, saat ini pemerintah tengah melakukan penguatan strategi di hulu yang berfokus pada strategi defensif dan ofensif. Pertama, peningkatan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan 3M.

Kemudian strategi kedua, mengakselerasi cakupan vaksinasi dalam skala besar. Sementara langkah ketiga, peningkatan upaya 3T (testing, tracing, treatment).

"Yang harus digarisbawahi adalah ketiga strategi tersebut harus dijalankan secara bersamaan karena sama pentingnya dan membutuhkan partisipasi aktif seluruh kelompok masyarakat," tukasnya.

BERITA TERKAIT