test

News

Rabu, 11 Agustus 2021 09:07 WIB

Angka BOR Isolasi Turun, Satgas Covid-19 Minta Pasien Isoman Pindah ke RS

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/BNPB).

PMJ NEWS - Juru Bicara Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyebut angka BOR ruang isolasi pada pekan ini mengalami penurunan sebesar 54,35 persen.

Menurut dia, penurunan ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin agar pasie dipindah ke tempat isolasi terpusat untuk menekan angka kematian pasien saat melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

“Dengan BOR rumah sakit yang telah menurun, maka pasien Covid-19 yang saat ini isolasi mandiri di rumah dapat dipindahkan ke tempat isolasi terpusat atau ke RS agar dapat ditangani semaksimal mungkin,” jelas Wiku dalam konferensi pers, Selasa (10/8/2021).

Wiku menjelaskan, berdasarkan data satgas persentase kematian pada pekan ini mencapai 2,92 persen. Sedangkan persentase di dunia saat ini sebesar 2,12 persen.

"Sayangnya kasus kematian masih belum menunjukan perubahan yang signifikan, di mana masih mengalami kenaikan selama tiga minggu terakhir,” ujarnya.

Adapun kenaikan kasus kematian mingguan tertinggi ini disumbangkan oleh Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Jawa Tengah. Wiku pun menekankan penurunan kasus kematian perlu menjadi fokus utama dalam perpanjangan PPKM kali ini.

Untuk terus menekan angka kasus, pemerintah daerah diminta untuk terus memantau ketersediaan tempat tidur, obat-obatan, ventilator, dan alat kesehatan lainnya di setiap rumah sakit rujukan Covid-19 di wilayahnya.

"Koordinasikan dengan pusat apabila membutuhkan bantuan darurat," tukasnya.

BERITA TERKAIT