test

Kesehatan

Sabtu, 31 Juli 2021 11:04 WIB

Ahli Sebut Bersin Jadi Gejala Umum Covid-19 Usai Divaksin

Editor: Hadi Ismanto

Para ahli menyebut bersin tanpa alasan menjadi gejala Covid-19 seusai divaksin. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Sebuah studi terbaru yang disampaikan National Health Service (NHS) Inggris menyebut tiga gejala utama Covid-19. Di antaranya terus-menerus batuk, tingginya suhu tubuh, dan kehilangan kemampuan indra perasa atau penciuman.

Para ahli kini juga mengingatkan bahwa gejalanya bisa berbeda pada orang yang terpapar Covid 19 setelah vaksinasi. Pasalnya, tidak ada vaksin yang 100 persen efektif, tapi vaksin Covid-19 membantu melindungi orang dari penyakit parah dan risiko rawat inap.

Seperti dilansir laman The Sun, Sabtu (31/7/2021), para ahli di Aplikasi Pelacak Gejala ZOE telah menemukan ada empat gejala utama yang dialami orang-orang yang telah divaksinasi.

Data yang diterbitkan oleh para ahli pengembang ZOE Symptom Tracker App menyatakan, bersin adalah salah satu gejala utama Covid-19 yang dilaporkan orang Inggris yang telah divaksinasi. Selama ini, bersin bukanlah gejala umum dari infeksi SARS-CoV-2.

Tim ZOE yang dipimpin Prof Tim Spector itu mengatakan, bersin kemungkinan besar disebabkan oleh flu biasa atau alergi. Sementara itu, bagi orang yang divaksin, bisa jadi ini adalah gejala Covid-19, bukan rinitis alergi.

Para ahli mengatakan, kebanyakan orang yang disuntik vaksin Covid-19 memiliki gejala ringan. Menariknya, data mereka menunjukkan orang yang telah divaksinasi lalu kemudian kena Covid-19 lebih mungkin melaporkan bersin sebagai gejala.

"Ini menunjukkan bahwa bersin-bersin tanpa penjelasan setelah Anda divaksinasi bisa menjadi tanda Covid 19."

Jika sering bersin, menurut pakar ZOE, Anda harus mengambil tindakan pencegahan untuk menghentikan penyebaran virus.

"Bersin adalah cara utama penyebaran virus. Cobalah untuk menutupi semua batuk dan bersin dengan tisu atau siku bagian dalam untuk meminimalkan penyebaran percikan liur (droplet)," ungkap mereka.

BERITA TERKAIT