Kesehatan

Rabu, 21 Juli 2021 10:20 WIB

Kaya Nutrisi, Ini Lima Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Hampir seluruh masyakat Indonesia tentu tidak asing dengan kacang hijau. Makanan dengan nama latin Vigna Radiata ini kaya akan nutrisi. Mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K.

Selain itu, kacang hijau merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik, rendah lemak, dan mengandung banyak serat serta antioksidan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/7/2021), berikut manfaat konsumsi kacang hijau bagi kesehatan tubuh.

1. Menambah Stamina Tubuh
Kacang hijau juga dikenal sebagai sumber energi. Ini berkat kandungan karbohidrat kompleks yang ada di dalamnya. Selain itu, jenis karbohidrat ini juga dapat mengatasi rasa lelah dan bisa membuat Anda lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol
Kolesterol tinggi, terutama kolesterol LDL "jahat", dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan kacang hijau memiliki khasiat yang dapat menurunkan kolesterol LDL.

Sebanyak 26 penelitian menemukan bahwa makan satu porsi harian (sekitar 130 gram) kacang-kacangan, seperti kacang-kacangan, secara signifikan menurunkan kadar kolesterol LDL darah.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang serius karena membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung - penyebab utama kematian di dunia.

Kacang hijau dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kacang ini mengandung potasium, magnesium, dan serat yang baik. Penelitian telah mengaitkan masing-masing nutrisi ini dengan risiko tekanan darah tinggi yang secara signifikan lebih rendah.

4. Melancarkan Pencernaan
Kacang hijau dikenal kaya akan serat dan pati. Kedua kandungan tersebut diketahui dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan melancarkan saluran pencernaan.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang hijau juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan antioksidan dan nutrisi penting di dalamnya yang bersifat antiradang.

BERITA TERKAIT