test

Regional

Kamis, 8 Juli 2021 13:40 WIB

Dukung Operasi Madago Raya, Warga Tokorondo Hibahkan Tanah

Editor: Ferro Maulana

Peletakkan batu pertama pembangunan klinik kesehatan Batalyon B Brimob Polda Sulteng dan pembangunan Masjid Al-Hidayah Satgas Operasi Madago Raya. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso meletakkan batu pertama pembangunan klinik kesehatan Batalyon B Brimob Polda Sulteng dan pembangunan Masjid Al-Hidayah Satgas Operasi Madago Raya di Tokorondo, Poso Rabu (7/7/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda didampingi Komandan Korem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf dan Kepala Operasi Madago Raya Brigjen Polisi Reza Arief Dewanto.

Lokasi Pembangunan klinik kesehatan Batalyon B satuan Brimob Polda Sulteng merupakan tanah hibah dari pemerintah desa Tokorondo yang terletak di depan pintu gerbang Pos Komando Taktis (Poskotis) Operasi Madago Raya. Sedangkan, lokasi masjid Al-Hidayah berada dalam lokasi Poskotis Tokorondo Poso.

Mengawali prosesi pembangunan Masjid Al-Hidayah, nampak empat orang muazin mengumandangkan Adzan pada setiap pojok lokasi pembangunan. Termasuk di antaranya Kapolda Sulteng juga ikut mengumandangkan azan.

Kapolda Sulteng juga ikut mengumandangkan azan di lokasi pembangunan masjid. (Foto: PMJ News).
Kapolda Sulteng juga ikut mengumandangkan azan di lokasi pembangunan masjid. (Foto: PMJ News).

"Dalam pelaksanaan tugas yang profesional harus dibarengi dengan sumber daya manusia yang memadai, untuk itu dibutuhkan mental dan rohani yang baik sesuai dengan aqidah atau agama kita masing-masing,”ujarnya.

“Sehingga untuk mendukung hal tersebut tentunya dibutuhkan sarana dan prasarana. Salah satunya tempat ibadah dan klinik kesehatan," jelas Kapolda Sulteng dalam sambutannya.

“Bahwa pembangunan masjid dan klinik kesehatan ini menggunakan dana hibah warga dan Pemprov Sulteng tahun 2020 yang diambil dari sisa dana hibah pelaksanaan pengamanan Pilkada Sulteng tahun 2020 yaitu sebesar Rp1,2 miliar,” sambungnya.

“Setelah sisa dana hibah Pilkada 2020 dikembalikan, Polda Sulteng mengajukan revisi penggunaan dan Alhamdullilah disetujui oleh pemerintah provinsi untuk pembangunan masjid dan klinik kesehatan karena klinik kesehatan ini selain untuk personel yang terlibat Ops Madago Raya juga di peruntukan masyarakat sekitar desa Tokorondo,” jelasnya.

“Dengan adanya klinik ini nantinya diharapkan agar masyarakat tidak sungkan-sungkan lagi untuk berobat,” lanjut Rahman Baso yang juga selaku penanggung jawab Kebijakan Operasi (PJKO) Ops Madago Raya.

Untuk diketahui, pembangunan masjid  Al-Hidayah bermula dari keprihatinan Kapolda Sulteng melihat masjid yang ada di lingkungan Poskotis Tokorondo yang kurang layak.

Selain itu, juga menceritakan historis dari pembangunan klinik kesahatan dimana sampai dengan saat ini bidang kesehatan dan kedokteran Polda Sulteng masih mengontrak rumah masyarakat di Tokorondo untuk digunakan sebagai klinik kesehatan.

Sementara itu, Ustad Hadi Imam masjid Al-hidayah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kapolda sulteng yang memberikan perhatian atas pembangunan masjid Al-Hidayah Tokorondo.

"Terima kasih kepada Pak Kapolda yang sudah memberikan perhatian atas pembangunan Masjid Al-Hidayah semoga menjadi Amal Ibadah dikemudian hari,” tutupnya.

BERITA TERKAIT