test

Kesehatan

Senin, 5 Juli 2021 15:20 WIB

Obat Gratis Untuk Warga yang Isoman, Catat 11 Aplikasi Telemedicine Ini

Editor: Fitriawan Ginting

Ilustrasi pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. (Foto: PMJ News/Hadi)

PMJ NEWS -  Pasien Covid-19 yang memiliki gejala ringan atau orang tanpa gejala, sebaiknya melakukan perawatan dengan cara isolasi mandiri. Ini dikarenakan rumah sakit sudah penuh akibat lonjakan penyebaran Covid-19 yang begitu parah.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin memastikan, pihaknya telah membuka layanan telemedicine atau konsultasi kesehatan secara virtual bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

"Kita bekerja sama dengan menggandeng 11 platform telemedicine," kata Menkes Budi, Senin (5/7/2021).

Menkes bekerjasama dengan beberapa platform telemedicine diantaranya Halodoc, Getwell, Alodokter, dan Good Doctor. Selain layanan gratis, para pasien Covid-19 nantinya juga akan mendapatkan obat gratis sesuai gejala-gejala atau keluhan yang dirasakannya.

"Semua ini diberikan secara gratis sebagai konstribusi dari 11 platform telemedicine. Kalau obat-obatannya disediakan oleh Kementerian Kesehatan," ujar Budi.

Ditambahkan Budi, layanan telemedicine ini diharap mampu membantu masyarakat, khususnya para pasien isoman yang tengah berjuang sembuh dari Covid-19.

"Supaya rakyat kita bisa tenang karena mereka bisa mengakses layanan kesehatan, bisa tetap dapat obat, dan semoga rakyat bisa sehat dan bisa mengatasi pandemi ini dengan segera," tandasnya.

Kesebelas platform aplikasi telemedicine yang dikerjasamakan oleh pemerintah adalah, AloDokter, Get Well, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, LinkSehat, Milfield Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

BERITA TERKAIT