test

News

Senin, 21 Juni 2021 16:35 WIB

Kemenkes: Jutaan Vaksin Pfizer Tiba di Indonesia Agustus 2021

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi (Foto: PMJ News/Instagram)

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan pemerintah terus konsisten dalam pengadaan vaksin. Pengadaan ini untuk mendukung program vaksinasi nasional demi mencapai kekebalan komunal (herd immunity).

Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menyebut pemerintah akan mendatangkan vaksin Covid-19 Pfizer-BionTech sebanyak 50 juta dosis. Secara bertahap vaksin ini mulai tiba pada bulan Agustus mendatang.

"Vaksin Pfizer yang akan didatangkan 50 juta (dosis). Mulai Agustus 2021, bertahap setiap bulan 5 hingga 12 juta," ungkap Siti Nadia saat melalui pesan singkatnya kepada PMJ News, Senin (21/6/2021).

Sebelumnya, Kemenkes menyebut vaksin Pfizer menjadi salah satu vaksin Covid-19 yang digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia. Vaksin ini menambah deretan vaksin yang sudah digunakan di antaranya Sinovac, AstraZeneca dan Sinopharm.

Diberitakan sebelumnya, Sebanyak 10 juta vaksin Covid-19 produksi Sinovac tiba di Indonesia, Minggu (20/6/2021). Kedatangan vaksin dalam bentuk bulk atau bahan baku ini merupakan pengiriman vaksin tahap ke-17.

"Kita kedatangan lagi 10 juta vaksin dalam bentuk bulk atau bahan baku sehingga ada total 91 juta vaksin bulk yang akan diproduksi menjadi vaksin jadi," ujar Sekjen Kementerian Kesehatan Oscar Primadi seperti dilansir laman resmi Satgas Covid-19, Senin (21/6/2021).

Pemerintah juga terus berupaya memenuhi kebutuhan vaksinasi dalam negeri setidaknya 181,5 juta orang guna mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Vaksin merupakan instrumen penting dalam upaya kita dalam melawan gelombang kedua pandemi CovidD-19.

"Sampai saat ini kita telah melakukan upaya percepatan dan penguatan vaksinasi ini," tuturnya.

BERITA TERKAIT