test

Kesehatan

Sabtu, 19 Juni 2021 12:23 WIB

5 Saran Dokter Jaga Anak-anak dari Penularan Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Anak-anak juga rentan terpapar Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Angka penambahan kasus Covid-19 di Indonesia kembali mencapai jumlah tertinggi. Berdasarkan data perkembangan terbaru pada Jumat (18/6/2021), kasus baru mencapai 12.990 orang. Sehingga total yang terinfeksi mencapai 1.963.266 orang.

Dari jumlah keseluruhan kasus, tercatat ada sebanyak 661 kasus covid-19 pada anak usia 0–18 tahun. Sebanyak 144 di antaranya kelompok anak di bawah 5 tahun (balita).

Oleh karena itu, para orangtua dianjurkan makin ketat menjaga kesehatan anak dan melakukan upaya pencegahan agar terhindari dari Covid-19. Salah satunya adalah memberikan perhatian lebih dan menghindari interaksi dengan lingkungan luar rumah.

"Mari bersama kita jaga anak Indonesia dengan penuhi hak anak untuk hidup, dan untuk sehat fisik mental demi masa depan yang lebh baik," ungkap Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Aman Bhakti Pulungan dalam konferensi pers, Jumat (18/6/2021).

"Kita hidup untuk apa? Untuk anak cucu kita. Jaga anak kita jangan sampai anak ada yang sakit," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Aman juga membagikan lima tips bagi para orangtua untuk menjaga anaknya dari penularan Covid-19 selama masa pandemi.

1. Orangtua maupun pengasuh harus mendampingi anaknya saat menjalani aktivitas daring. Sebab kapan lagi orangtua bisa menyayangi dan memberikan perhatian kepada anak, sehingga masa pandemi covid-19 bisa digunakan untuk mendampingi anak.

2. Dilarang mengajak anak keluar rumah kecuali dalam keadaan darurat.

3. Hindari anak berada di ruangan tertutup dengan ventilasi yang buruk saat harus beraktivitas di luar rumah.

4. Untuk mencegah berbagai penyakit lainya, tetap lengkapi anak dengan imunisasi rutin.

5. Pemerintah dan masyarakat berkerja sama melakukan pendampingan protokol kesehatan di tempat umum.

BERITA TERKAIT