test

News

Jumat, 4 Juni 2021 11:50 WIB

Distribusi Lebih Efisien, KAI Resmikan Perjalanan KA Barang Peti Kemas

Editor: Ferro Maulana

Kereta Api Barang Peti Kemas. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah meresmikan perjalanan Kereta Api Barang Peti Kemas dengan rangkaian 10 gerbong berkapasitas 20 TEUs dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Stasiun Pasoso, Jakarta.

Direktur Utama (Dirut) KAI Didiek Hartantyo berharap dengan terbangunnya konektivitas jalur kereta api ke Pelabuhan Tanjung Perak bisa membuat distribusi logistik menjadi lebih efisien.

Adapun, integrasi jalur kereta api dan pelabuhan ini merupakan salah satu wujud implementasi MoU antara KAI dan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III yang merupakan induk usaha Terminal Petikemas Surabaya yang dilakukan pada November 2020 lalu.

“Reaktivasi angkutan logistik ini merupakan milestone yang sangat penting, dimana dengan diaktifkannya kembali pengoperasian angkutan logistik kereta api dari dan menuju terminal peti kemas ini,” tuturnya.

“KA ini juga dapat memberikan nilai lebih untuk industri logistik dan ke pelabuhanan nasional yang membuat lebih kompetitif,” sambungnya.

Adapun jalur Terminal Petikemas Surabaya menuju Stasiun Kalimas kembali diaktifkan usai terakhir beroperasi pada 30 Maret 2016.

Sementara itu, pihak KAI juga telah melakukan berbagai persiapan sebelum jalur itu dinyatakan laik operasi. Antara lain, pembongkaran material yang menutupi jalan rel, penggantian wesel dan bantalan rel baru, serta memperbaiki posisi rel.

Pasca dilakukan proses reaktivasi, Terminal Petikemas Surabaya mempunyai 2 jalur kereta api yang masing-masing mampu mengakomodir angkutan KA Barang Petikemas dengan rangkaian 10 GD.

Sehingga total kapasitas muat Terminal Petikemas Surabaya yaitu 20 GD berkapasitas 40 TEUs. Adapun komoditi yang dilayani di Terminal Petikemas Surabaya yakni petikemas multikomoditi ekspor-impor.

Dengan terintegrasinya angkutan kereta api dengan pelabuhan ini, maka para mitra angkutan barang KAI sekarang dapat melakukan bongkar muat di Terminal Petikemas Surabaya Pelabuhan Tanjung Perak.

BERITA TERKAIT