test

Kesehatan

Kamis, 13 Mei 2021 08:05 WIB

Tips Tetap Sehat Saat Santap Menu Lebaran

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Tips sehat santap menu Lebaran. (Foto:PMJ News/Ilustrasi/Jeje)

PMJ NEWS - Hari Raya Idul Fitri identik dengan ragam penganan khas seperti opor ayam, sambal kentang goreng, rendang dan aneka kue serta minuman manis.

Melihat makanan enak tersaji begitu banyak, jangan sampai kalap untuk menyantapnya yah. Agar pola makan sehat tetap terjaga, yuk simak tips sehat di Hari Lebaran yang dilansir dari laman Ndtv berikut ini.

Hindari Konsumsi Gula Berlebihan

Usai berpuasa sebulan penuh, makan terlalu banyak makanan manis bisa membuat mual dan sakit karena gula darah melonjak. Maka pastinya kamu tak berlebihan mengonsumsi makanan bergula yang tersaji di saat Lebaran.

Makan Sayur

Mengonsumsi sayuran bisa saja terlewati ketika puasa, maka setelah sebulan penuh berpuasa ada baiknya mengonsumsi sayuran karena akan memberi tubuh asupan vitamin dan mineral penting. 

Makan seimbang

Pastikan ada protein, serta, karbohidrat, dan lemak pada piring makanmu. Ini akan mempertahankan pola makan seimbang.

Ambil dalam Porsi Kecil

Masalah pencernaan seperti perut kembung bisa dihindari jika kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit. Puasa sebulan penuh akan membuat tubuh terbiasa dengan pola makan yang berbeda.

Makan dalam porsi kecil akan mencegah kekenyangan dan kondisi tak nyaman.

Konsumsi probiotik

Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi probiotik saat Lebaran. Ini akan membuat bakteri baik dalam pencernaan tetap terjaga. Probiotik bisa ditemukan pada keju, yogurt, serta bawang. 

Makan Sedikit dan Sering

Mungkin akan terasa sulit untuk tidak mencicipi semua sajian Lebaran nan lezat. Tapi, lebih baik makanlah sedikit-sedikit dan sering untuk menghindari masalah pencernaan atau masalah kesehatan lainnya. Perhatikan kebutuhan tubuh dan pastikan untuk tak makan berlebihan.

Hidrasi Tubuh

Saat berpuasa, tubuh cenderung tak terhidrasi dengan baik. Jadi pastikan untuk cukup minum saat Lebaran. Ini akan mengembalikan kelembapan tubuh.

Kembali ke Pola Makan Normal

Tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan pola makan normal. Akan lebih baik jika memulai kembali pola makan normal sehari setelah Lebaran. Ini akan membantu kecukupan nutrisi di minggu-minggu setelahnya.

BERITA TERKAIT