test

Kesehatan

Selasa, 6 April 2021 11:40 WIB

Masker dan Sistem Ventilasi Lebih Ampuh Cegah Penyebaran Covid-19

Editor: Ferro Maulana

Masker dan sistem ventilasi lebih bagus dari jaga jarak dalam mencegah Covid-19. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Riset terbaru dari University of Central Florida mengungkapkan, masker dan sistem ventilasi yang lebih baik berperan lebih penting ketimbang jarak sosial dalam mengurangi penyebaran virus Covid-19 di ruang kelas.

Penelitian yang diterbitkan di dalam jurnal Physics of Fluids tersebut datang pada saat sekolah dan universitas di banyak negara bagian Amerika Serikat mulai mempertimbangkan untuk kembali ke sistem tatap muka.

Pimpinan tim peneliti Michael Kinzel menerangkan penelitian ini penting lantaran memberikan panduan tentang bagaimana pemerintah dan masyarakat memahami keselamatan di lingkungan dalam ruangan.

Menurut Kinzel studi ini menemukan rute transmisi aerosol tidak menunjukkan kebutuhan akan jarak sosial hingga 6 kaki atau sekitar 2 meter saat menggunakan masker. Di samping itu, pengaturan udara yang lain lebih bermanfaat untuk mengurangi penyebaran virus

Dalam studi tersebut, para peneliti membuat model komputer ruang kelas dengan siswa dan guru. Selanjutnya, membuat model aliran udara dan penularan virus, serta menghitung risiko penularan yang digerakkan oleh udara.

Para ilmuwan pun memeriksa ruang kelas menggunakan dua skenario - kelas berventilasi dan tidak berventilasi - dan menggunakan dua model yakni Wells Riley dan Computational Fluid Dynamics.

Pada umumnya Wells Riley dipakai untuk menilai probabilitas transmisi dalam ruangan dan Computational Fluid Dynamics sering digunakan untuk memahami aerodinamika di berbagai kendaraan bergerak.

Hasilnya menunjukkan, masker terbukti bermanfaat dengan mencegah paparan langsung aerosol, karena masker memberikan embusan udara hangat lemah yang menyebabkan aerosol bergerak vertikal.

Kemudian, sistem ventilasi yang dikombinasikan dengan filter udara mengurangi risiko infeksi sebesar 40 persen hingga 50 persen dibandingkan dengan ruang kelas tanpa ventilasi.

Kinzel mengatakan bahwa hasil ini menguatkan pedoman terbaru dari Center for Disease Control and Prevention (CDC) yang merekomendasikan pengurangan jarak sosial di sekolah dasar dari 6 kaki menjadi 3 kaki, dengan penggunaan masker.(Sumber: Medical News Net)

BERITA TERKAIT