Kesehatan

Jumat, 2 April 2021 10:02 WIB

Jangan Sepelekan, Ini Lima Manfaat Salak Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Salak memiliki manfaat bagi kesehatan. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Buah salak memiliki bentuk yang unik dengan kulit bersisik ular. Buah ini punya rasa unik yakni manis dan agak sedikit sepat. Dua varian salak paling terkenal di Indonesia di antaranya Salak Bali dan Salak Pondoh.

Namun hal yang tak banyak disadari orang adalah buah ini ternyata juga mengandung segudang manfaat. Salak memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, kalsium, zat besi, potasium, vitamin, beta karoten, serta karbohidrat.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/4/2021), berikut berbagai manfaat serta khasiat buah salak untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Membantu menjaga kesehatan mata
Salak mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Sebagaimana diketahui, kesehatan mata perlu ditunjang asupan vitamin A yang baik. Salak juga memiliki kandungan beta-karoten, yaitu salah satu antioksidan yang sangat dibutuhkan mata.

2. Menjaga daya tahan tubuh
Pertahanan tubuh bisa berada dalam kondisi prima apabila mendapat asupan vitamin B yang memadai. Sementara itu, salak merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin B yang melimpah.

3. Melancarkan pencernaan
Makan buah salak tanpa membuang kulit arinya bisa membantu melancarkan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Pasalnya, baik daging maupun kulit ari buah mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk sistem pencernanan.

Sebagai contoh, serat dalam buah ini dapat membantu mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun, dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Selain mencegah sembelit, kandungan tanin pada salak juga mempunyai manfaat sebagai antimikroba alami yang baik untuk usus dan membantu mengatasi gangguan pencernaan.

4. Menjaga kesehatan jantung
Salak juga baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskuler atau jantung. Buah bersisik ini terdiri dari kandungan kalium, antioksidan, dan mineral yang mempunyai manfaat untuk mengatur kesehatan jantung serta pembuluh darah.

Salah satu fungsi kalium adalah untuk membantu mengirimkan impuls saraf yang memengaruhi detak jantung. Asupan kalium sangat penting bagi Anda yang memiliki kondisi seperti tekanan darah tinggi, gagal jantung, atau masalah pada detak jantung.

Apalagi salak juga mengandung beta karoten yang merupakan antioksidan untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskuler, stroke, dan bahkan kanker.

5. Meningkatkan kepadatan tulang
Salak memiliki kandungan mineral seperti zat besi dan kalsium pada salak yang mempunyai manfaat untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang serta memperkuat otot dan sendi.

Tak hanya itu, zat besi dan kalsium juga berperan untuk mengatur kekentalan darah serta meningkatkan fungsi saraf di seluruh tubuh.

BERITA TERKAIT