test

News

Selasa, 16 Maret 2021 19:05 WIB

Dirlantas Polda Metro: E-TLE Portabel Ini Masih Taraf Uji Coba

Editor: Ferro Maulana

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo. (Foto ; PMJ/Fjr).

PMJ NEWS -  Saat ini alat tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) berupa portable tengah memasuki tahap uji coba. ETLE ini nantinya bakal mulai diterapkan oleh Polda Metro Jaya.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, sistem tilang elektronik E-TLE Portable akan dilakukan tahun ini secara bertahap. Adapun sekarang sudah dalam tahap uji coba. 

"Ya nanti untuk E-TLE Portabel ini kita masih taraf uji coba. Bentuknya bisa helmet cam, dash cam, dan bisa body cam," terang Kombes Sambodo kepada wartawan, Selasa (16/3/2021).

Adapun kamera tilang portable ini, menurutnya, dipasang di helm, dasbor dan tubuh anggota Polri. Nantinya dapat terhubung dengan basis data kendaraan bermotor.

Menurut Sambodo, ETLE Portable itu juga terkoneksi pada Traffic Manajemen Center (TMC) Polda Metro.

Namun demikian, dirinya belum dapat memastikan jumlah pengadaan kamera tilang portable itu. Hingga sekarang, pihaknya masih fokus melakukan uji coba.

"Jadi misalnya kita uji coba body cam yang ketika dia menangani Laka Lantas atau berhadapan dengan pelanggar, dia bisa nyalakan body cam itu. Sehingga saat terjadi adu mulut dan sebagainya bisa direkam kamera dan bahkan bisa dipantau TMC," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya tengah melakukan pengembangan dari sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE).

 

BERITA TERKAIT