test

Kesehatan

Senin, 15 Maret 2021 10:02 WIB

4 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Daun pandan juga memiliki manfaat untuk kesehatan. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal Daun Pandan. Tanaman dengan nama latin Pandanus Amaryllifolius ini biasa dijadikan campuran makanan atau minuman karena memiliki wangi yang khas.

Namun, tidak banyak orang tahu jika daun pandan juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Seperti dilansir laman Modestpie, Senin (15/3/2021), berikut manfaat daun pandan bagi kesehatan tubuh.

1. Mengatasi insomnia
Daun pandan mengandung senyawa alkaloid yang memiliki efek menenangkan bagi tubuh manusia. Menjaga tubuh tetap tenang membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Aduk satu sendok teh madu ke dalam teh daun pandan dan konsumsi hangat.

2. Mengontrol kadar gula darah
Ekstrak daun pandan secara alami antihiperglikemik dan telah terbukti efektif menurunkan gula darah postprandial, menurut penelitian yang dilakukan di Bangkok pada 2015 dan dipublikasikan di situs Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat.

Temuan juga menunjukkan bahwa ekstrak daun pandan merangsang sekresi insulin dari sel beta pankreas tikus dan menunjukkan bahwa itu berpotensi digunakan dalam pengobatan tradisional untuk diabetes mellitus.

3. Menurunkan tekanan darah
Salah satu khasiat daun pandan bagi kesehatan yang paling manjur adalah khasiatnya menurunkan tekanan darah. Ini adalah cara alami untuk meredakan gejala pusing dan dapat membantu mencegah stroke.

4. Pereda rasa sakit dan kram
Daun pandan adalah obat yang sangat baik untuk nyeri dan kram dan dapat dioleskan dengan menyiapkan obat gosok dan dioleskan ke area yang terkena. Ini juga bagus untuk mengobati nyeri artritis.

BERITA TERKAIT