test

News

Kamis, 11 Maret 2021 17:10 WIB

Cegah Penularan Covid-19, Pawai Ogoh-ogoh Sambut Nyepi Ditiadakan

Editor: Ferro Maulana

Pawai Ogoh-ogoh dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) meniadakan kegiatan pawai ogoh-ogoh untuk menyambut Hari Raya Nyepi 2021. Hal tersebut terkait dengan pencegahan penularan Covid-19.

Aturan larangan ini telah ditindaklanjuti oleh Satgas Penanganan Covid-19 NTB. Berikutnya, diteruskan ke Provinsi NTB dan kabupaten yang selanjutnya diteruskan kepada semua pengurus Pura dan Banjar di Lombok Barat.

Ketua Prajaniti Lobar, Made Diata mengimbau umat Hindu Lombok Barat diminta hanya untuk beribadah di rumah masing-masing. Dan persembahyangan di Pura akan diwakilkan para ide pedande (tokoh agama Hindu) setempat.

"Saat ini kan sudah ada imbauan tidak boleh ada kerumunan. Kami juga sudah melapor ke Polres bahwa semua kegiatan menyambut Nyepi itu ditiadakan," terang Made Diata, Kamis (11/3/2021).

Semisalnya pun ada yang sudah telanjur membuat ogoh-ogoh, diharapkan mengarak ogoh-ogohnya hanya di sekitar banjar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 melalui gerakan 5M.

"Ogoh-ogoh yang semuanya bersifat euforia itu nggak ada," tandasnya.

BERITA TERKAIT