test

Kesehatan

Sabtu, 6 Maret 2021 11:04 WIB

5 Bumbu Dapur Ini Berkhasiat Kurangi Asam Urat

Editor: Hadi Ismanto

Nyeri pada persendian biasanya menjadi gejala umum penyakit asam urat. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Kadar asam urat yang tinggi bisa tentunya dapat memicu berbagai penyakit. Gejala awal asam urat biasanya ditandai denan timbulnya rasa nyeri yang tak tertahankan.

Penyakit asam urat bisa terjadi pada siapa saja, tapi lebih sering menyerang pria berusia di atas 30 tahun. Tapi jangan khawatir, rasa nyeri bisa dikurangi dengan bahan alami dari dapur Anda.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (6/3/2021), berikut sejumlah bumbu dapur yang dapat membantu mengurangi nyeri serta mengontrol kadar asam urat

1. Jahe
Jahe menjadi salah satu rempah yang mampu mengatasi peradangan. Kemampuan jahe untuk mengatasi asam urat telah terdokumentasikan dengan baik.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi menemukan, jahe yang dioleskan pada bagian yang terkena dapat membantu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh asam urat.

Tumbuk dan parut jahe, campurkan dengan air hingga menjadi pasta. Rendam kain lap ke dalam campuran. Setelah dingin, tempelkan kain pada area yang terasa nyeri setidaknya selama 15-30 menit.

Atau, Anda juga bisa merebus 2 sendok teh (sdt) jahe bubuk dengan air selama 10 menit hingga mendidih. Konsumsi rebusan jahe tiga kali dalam sehari.

2. Cuka sari apel
Campuran cuka sari apel, perasan lemon, dan kunyit dapat digunakan untuk mengontrol serangan asam urat. Penelitian menemukan, perasan lemon dan kunyit dapat menurunkan asam urat.

Campurkan air lemon hangat dengan 2 sdt kunyit dan 1 sdt cuka sari apel. Minum sampai dua hingga tiga kali sehari.

3. Air lemon
Dikutip dari Medical News Today, studi menemukan bahwa menambahkan perasan dua lemon segar ke dalam 2 liter air setiap hari dapat mengurangi kadar asam urat.

Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon membantu menetralkan asam urat dalam tubuh.

4. Seledri
Untuk asam urat, ekstrak dan biji seledri menjadi pengobatan rumah yang populer. Meski belum banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut, tapi seledri dipercaya dapat mengurangi peradangan.

5. Jelatang
Jelatang merupakan obat herbal untuk asam urat yang dapat mengurangi peradangan dan nyeri. Untuk mencobanya, seduh jelatang dengan air mendidih. Seduh 1-2 sdt jelatang kering per cangkir. Konsumsi 3 gelas per hari.

Konsultasi dengan dokter sebelum mencoba beberapa bumbu dapur sebagai obat penurun asam urat di atas untuk mengetahui dosis yang tepat dan kemungkinan efek samping.

BERITA TERKAIT