test

Kesehatan

Senin, 22 Februari 2021 08:38 WIB

3 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Iritasi Kulit Akibat Air Banjir

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Genagnan banjir yang bisa menimbulkan iritasi kulit. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Genangan banjir yang merendam wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya mulai surut. Kondisi ini membuat warga mulai membersihkan rumah dari sisa lumpur yang masuk ke dalam rumah.

Namun, tidak dapat dipungkiri jika air banjir yang bercampur sampah bisa menimbulkan gangguan kulit seperti gatal, iritasi dan jamur. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (22/2/2021), berikut tiga bahan alami untuk mengatasinya.

1. Bawang Putih

Bawang putih untuk baik mengatasi iritasi kulit. (Foto: PMJ News/Dok Net).
Bawang putih untuk baik mengatasi iritasi kulit. (Foto: PMJ News/Dok Net).

Memiliki kandungan kalium dan vitamin B6 membuat bawang putih masuk ke dalam kategori bahan makanan pertama yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi gatal hingga iritasi pada kulit akibat air banjir.

Bawang putih yang digunakan harus yang masih segar dalam bentuk siung. Bawang putih tentunya dapat diiris tipis dan dicampurkan ke dalam sup dan dapat dikonsumsi secara rutin pasca banjir.

2. Kelapa

Kelapa baik untuk mengatasi iritasi kulit. (Foto: PMJ News/Dok Net).
Kelapa baik untuk mengatasi iritasi kulit. (Foto: PMJ News/Dok Net).
Kandungan pada daging kelapa utuh di dalamnya seperti asam kaplirat dan asam laurat bisa untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada kulit terlebih setelah bersentuhan dengan air banjir.

Tak hanya itu, produk lain dari kelapa seperti minyak kelapa pun bisa mengatasi gatal dengan cara dioles saja pada kulit.

3. Bawang Merah

Bawang merah untuk baik mengatasi iritasi kulit. (Foto: PMJ News/Dok Net).
Bawang merah untuk baik mengatasi iritasi kulit. (Foto: PMJ News/Dok Net).

Terakhir, ada pasangannya bawang putih yakni bawang merah yang sangat berkhasiat untuk mengatasi iritasi pada kulit karena memiliki kandungan vitamin B serta antioksidan yang sangat tinggi untuk menyehatkan kulit dan tubuh.

Bagi yang kuat menahan rasa pedas dan sedikit aneh dari bawang merah, maka bisa mengonsumsi jenis bawang satu ini dalam kondisi mentah.

BERITA TERKAIT