News

Minggu, 21 Februari 2021 21:25 WIB

Diprediksi Hujan Lebat, BMKG: Lima Provinsi Siaga Banjir 22-23 Februari

Editor: Hadi Ismanto

Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Badan Meteorolgi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut lima provinsi masih dalam status siaga, karena berpotensi terjadi banjir dan bandang akibat hujan lebat 22-23 Februari 2021.

Lima wilayah tersebut di antaranya Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan masuk dalam kategori siaga banjir dan bandang akibat hujan lebat.

"Potensi hujan lebat untuk dampak banjir bandang," tulis BMKG dalam data prakiraan yang dirilis, Minggu (21/2/2021).

Selain itu, terdapat 18 provinsi lain yang masuk dalam kategori waspada akan dampak hujan lebat selama dua hari ke depan, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu untuk wilayah Sumatera.

Di daerah Jawa dan Nusa Tenggara yang masuk dalam kategori waspada adalah provinsi Jawa Barat, DI Yogyakarta serta Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Beberapa kabupaten/kota yang diprakirakan masuk dalam siaga banjir akibat hujan lebat di Jawa Tengah adalah Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga, Pekalongan, Pemalang, Wonosobo, Temanggung, Kendal, Batang, Magelang, Purwokerto.

Sementara itu di Jawa Timur terdapat Malang, Pasuruan, Probolinggo. Sidoarjo, Kota Pasuruan, Mojokerto, Kota Batu, Banyuwangi, Jember, Bondowoso, dan Situbondo memiliki status siaga.

Di Sulawesi Selatan ada Luwu Utara, Luwu Timur, Kota Palopo, Toraja Utara, Tana Toraja, Barru, Soppeng, Sidenreng, Kota Parepare, Wajo, Jeneponto, Gowa, Maros, Pangkajene Dan Kepulauan, Bone, Takalar dan Kota Makassar.

BMKG juga memperingatkan beberapa provinsi yang masuk dalam kategori waspada terhadap dampak hujan lebat, yaitu Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BERITA TERKAIT