test

Kesehatan

Minggu, 7 Februari 2021 12:02 WIB

4 Asupan Makanan yang Bisa Picu Sakit Kepala

Editor: Hadi Ismanto

Sakut kepala kerap menyerang siapa pun dan kapan pun. (Foto: PMJ News/Ilustrasi.Hadi).

PMJ NEWS - Sakit kepala kerap menyerang siapa saja dan kapanpun. Biasanya, rasa nyeri di kepala ini disebabkan sejumlah faktor. Salah satunya dipicu dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

"Bukan hal yang aneh jika asupan tertentu memicu migrain atau jenis sakit kepala lainnya," ujar Noah Rosen MD selaku ahli Peurologi dan Psikiatri seperti dilansir laman Everyday Health, Minggu (7/2/2021).

Berikut ini sejumlah asupan yang bisa memicu sakit kepala:

1. MSG
Monosodium glutamat (MSG) umumnya ditemukan dalam kecap dan sebagai bahan tambahan makanan di banyak sajian telah ditemukan menyebabkan kram, diare, dan sakit kepala yang parah pada 10-15 persen orang yang mengalami sakit kepala migrain.

MSG yang asin dapat menyebabkan dehidrasi dan kemungkinan menjadi pemicu sakit kepala.

2. Daging olahan
Memang tidak ada penelitian bahwa daging menyebabkan sakit kepala, tetapi nitrit yang digunakan sebagai pengawet pada olahan daging dapat melebarkan pembuluh darah dan memicu sakit kepala setelah makan bagi beberapa orang.

3. Es krim
Beberapa orang mengalami sakit kepala setelah makan es krim. Tapi, bukan es krim yang memicu sakit kepala, melainkan itu adalah reaksi terhadap dingin.

Makanan dingin seperti es krim, mungkin menjadi pemicu migrain bagi orang-orang yang menderita migrain, tetapi bagi kebanyakan orang, rasa sakit itu akan hilang dengan cepat.

4. Kopi
Minuman yang mengandung kafein ini ternyata juga bisa memicu sakit kepala. Bukan kopinya yang menjadi penyebab, melainkan dosisnya. Sebab, sedikit kafein dapat membantu menghilangkan sakit kepala seperti migrain.

Kafein mungkin juga termasuk dalam beberapa obat migrain. Tetapi perlu dicatat bahwa terlalu banyak kafein bisa menjadi pemicu sakit kepala saat Anda berhenti mengonsumsinya.

BERITA TERKAIT