test

News

Jumat, 22 Januari 2021 13:20 WIB

Catat! Subsidi Listrik Gratis Dibatasi, Maksimal Pemakaian 720 Jam Nyala

Editor: Etty Kadriwaty

Petugas PLN tengah memperbaiki gardu listrik. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ NEWS - Terkait penyaluran diskon listrik yang masih berlangsung saat ini, PLN mulai melakukan pembatasan pada mekanismenya. Dalam pemakaian potongan tarif dihitung sesuai maksimum pemakaian.

"Sebenarnya ini hanya meneruskan, tapi ada sedikit perbedaan realisme. Jadi bukan perbedaan pada stimulusnya, tapi pada mekanismenya," jelas Direktur. Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril dalam sesi teleconference, Jumat (22/1/2021).

Untuk pelanggan pasca bayar 450 VA, tarif listrik gratis hanya diberikan untuk pemakaian listrik maksimal 720 jam nyala, atau setara 324 kWh.

"Ini yang diberikan diskon 100 persen. Di atas itu, maka dikenakan tarif normal subsidi," kata Bob Saril.

Sementara untuk pelanggan pra bayar 900 VA, diskon listrik 50 persen juga dikenakan batasan pemakaian 720 jam nyala, atau setara 648 kWh. Lebih dari itu, pemakaiannya dikenakan tarif normal yang sebenarnya sudah disubsidi juga.

"Ini secara mekanisme hanya diberikan yang memenuhi maksimum pakai. Karena kalau lebih daripada itu seharusnya yang memang bukan haknya lagi untuk mendapatkan," ujar Bob Saril.

 

Penyaluran Subsidi Listrik Gratis Via WhatsApp Dihentikan

Subsidi listrik gratis yang biasa disalurkan PLN melalui WhatsApp akan dihentikan mulai bulan depan. PLN mengatakan akan memprioritaskan pemberian layanan tersebut melalui portal PLN mobile dan situs resminya.

Seperti diketahui di awal tahun 2021, pemerintah sudah mengumumkan bahwa PLN akan memperpanjang subsidi tagihan listrik gratis hingga Maret 2021 bagi pelanggan 450 VA dan potongan 50 persen bagi pelanggan listrik 900 VA.

Informasi yang disampaikan via WhatsApp di nomor kontak 08122123123 sejak 7 Januariakan dihentikan.

"Layanan kami akan kita hilangkan di bulan-bulan selanjutnya karena kami merasa PLN mobile ini bisa menjadi sarana yang lebih cepat," kata Bob Saril.

Melalui layanan PLN mobile, akan lebih mudah melacak peta geospasial jaringan listrik di rumah pelanggan. Sehingga perseroan dapat lebih mudah menyalurkan subsidi listrik gratis.

"Jadi kami menyarankan kepada teman-teman bolehlah untuk mendownload PLN mobile. Kalau ada keluhan gangguan listriknya, karena ini berbasis data geospasial, maka posisi dari rumah bapak-ibu sudah dikenali dan kemudian kami bisa menemukan siapa petugas kami yang paling dekat," ungkap dia.

"Mesin akan mencatat, dan cepat pengeluaran. Karena petugas sudah mengetahui lokasi geospasial, dan pelanggan bisa monitor dimana posisinya mereka itu," sambung Bob Saril.

BERITA TERKAIT