News

Sabtu, 9 Januari 2021 21:33 WIB

Basarnas: Kita Mencari Titik Lokasi Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

Editor: Ferro Maulana

Pesawat Sriwijaya Air. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Personel gabungan terus mencari pesawat Sriwijaya Air penerbangan SJ 182 tujuan Jakarta-Pontianak yang hilang kontak sejak sekitar pukul 14:40 WIB.

Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarrnas Bambang Suryo menerangkan pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pencarian dan penyelamatan di lokasi kejadian (TKP).

"Kita mencari titik lokasi, (pesawat) dimungkinkan jatuh. Dengan harapan setelah mendapatkan lokasi yang pasti, kita belum tahu pasti," tuturnya dalam siaran persnya yang dilakukan secara daring, Sabtu (9/1/2021).

Adapun anggota Basarnas di TKP mengalami hambatan pencarian lantaran jarak pandang yang terbatas di malam hari serta kedalaman perairan yang diperkirakan mencapai 20-23 meter.

Adapun langkah pencarian akan dilakukan semaksimal mungkin Jumat malam ini dan dilanjutkan besok Minggu (10/1/2021) pagi. Basarnas juga telah membuka posko pencarian pesawat di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta Utara.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan telah mengerahkan armada untuk mencari lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182 yang hilang kontak sejak pukul 14.40 WIB.

Menhub Budi Karya Sumadi mengungkpkan armada yang dikerahkan berasal dari kapal milik Basarnas, Kepolisian, dan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) secara intensif. Pesawat diduga jatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

“Arahan Presiden, upaya pencarian akan dimaksimalkan dengan petugas dari KNKT sebanyak empat kapal sudah berada di TKP,” ujarnya dalam konferensi pers. 

Budi Karya melanjutkan, pesawat Sriwijaya Air hilang kontak setelah empat menit lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Supadio, Pontianak. Pesawat jenis Boeing 737-500 itu menjauh dari rute kemudian hilang dari radar. Pesawat itu menampung 43 penumpang dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi.

Sekedar informasi, berdasarkan Flight Radar 24, penerbangan Sriwijaya Air SJ182 dari Jakarta ke Pontianak dijadwalkan berangkat dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 13:40 WIB dan take-off sekitar pukul 14:36 WIB. Penerbangan sejauh 452 mil ini diperkirakan memakan waktu selama 95 menit.

Boeing 737-500 ini terbang tidak jauh ke arah utara bandara dan di atas Laut Jawa sebelum hilang kontak.

BERITA TERKAIT