test

News

Selasa, 15 Desember 2020 09:38 WIB

Ketua KPU: Prokes di Pilkada 2020 Berjalan Sangat Baik

Editor: Fitriawan Ginting

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. (Foto : PMJ/Ist).

PMJ NEWS -  Penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 berjalan sukses. Masyarakat aman dan masyarakat sehat, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama berada di Tepmpat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman mengatakan, kekhawatiran banyak pihak terkait penularan Covid-19 saat Pilkada sangat signifikan, meski demikian tetap berjalan baik dan mampu diminimalisir.

"Saya tidak bisa menghindari ada penyelenggara yang terkena juga, reaktif juga. Tetapi kita kan tidak bisa pastikan apakah yang bersangkutan reaktif atau terkena Covid karena tahapan pilkada. Jangan-jangan karena aktivitas di luar pilkada itu," kata Arief Budiman, Senin (14/12/2020) kemarin.

Dari data KPU sendiri, menurut Arief terdapat 30 orang penyelenggaraan pilkada baik itu KPPS, PPK maupun PPS yang terpapar. Jumlah itu terhitung kecil bila dibandingkan dengan jumlah penyelenggara Pilkada 2020 sebanyak 2 juta orang.

"Kalau tadi angka yang kita punya ada 30 (orang positif) dari total 2 juta lebih (penyelenggara Pilkada). Sebelum-sebelumnya ada yang reaktif tapi bisa tertangani. Ada yang tes lagi jadi negatif. Ada yang nggak mau, kita ganti dengan memenuhi syarat," jelas Arief.

Disampaikan Arief penyelenggaraan Pilkada 2020 terhitung baik dan mampu menerapkan protokol kesehatan. Arief menilai baik parpol, panitia penyelenggara maupun pemilih mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

"Proses kampanye juga dipatuhi (oleh parpol dan paslon) karena berdasarkan pengalaman saat pendaftaran calon yang banyak kerumunan kemudian kita perketat semua, kampanye berjalan dengan baik," urai Arief.

BERITA TERKAIT