test

News

Sabtu, 12 Desember 2020 13:00 WIB

Telepon Elon Musk, Jokowi Ajak Tesla Investasi di Indonesia

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan resmi. (Foto: PMJ News/Twitter @jokowi).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menawarkan CEO Tesla Elon Musk untuk berinvestasi mobil listrik di Indonesia. Bahkan Kepala Negara mengajak Tesla untuk melirik Indonesia sebagai lokasi bantalan peluncuran (launching pad) Space X.

Tawaran tersebut disampaikan Presiden saat melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Musk pada Jumat (11/12). Dalam pembicaraan itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

"Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu, Presiden RI Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X," jelas siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Sabtu (12/12).

Keterangan itu juga menyebut Musk menanggapi undangan Jokowi. Rencananya, Musk akan mengirimkan timnya ke Indonesia pada Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut.

Sebelumnya, kabar Tesla akan berinvestasi di RI santer terdengar. Dalam kunjungannya ke AS, Menko Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan juga mengajak Tesla untuk berinvestasi baterai lithium di Indonesia.

"Tesla saja datang ke China untuk membeli bahan untuk produksi baterai lithium di AS, sedangkan bahan baku baterai produksi yang dilahirkan di China itu mengambil dari Indonesia. Jadi saya bilang sama Tesla kenapa kalian tidak sama-sama investasi di kita," jelas Luhut beberapa waktu lalu.

BERITA TERKAIT