test

Suara Pemilu

Selasa, 8 Desember 2020 16:14 WIB

Perekaman e-KTP di 309 Daerah Pilkada Telah Capai 99,65 Persen

Editor: Ferro Maulana

Perekaman e-KTP. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ NEWS -  Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrullah mengungkapkan, saat ini jumlah perekaman e-KTP di 309 daerah Pilkada mencapai 100.007.916. Jumlah itu kurang lebih 99,65 persen dari total DPT 100.359.152 pemilih.

“Jadi masih 0,35 persen atau sekitar 352.000 kurangnya,” katanya kepada wartawan, Selasa (8/12/2020).

Ia menerangkan, terdapat beberapa penyebab pemilih yang belum melakukan perekaman. Salah satunya pemilih masih ada di luar kota atau luar negeri. “(Lalu) kurang sosialisasi dari Dukcapil dan KPU, perlu sudah merekam untuk ikut memilih dalam Pilkada,” sambungnya.

Menurutnya, penyebab lainnya yaitu bisa saja layanan dari Dukcapil tidak maksimal karena kurang alat. “Kemudian masyarakat yang memang belum mau merekam. Merasa belum membutuhkan atau tidak mau ikut mencoblos,” katanya lagi.

Masih dari keterangannya, Dukcapil telah melakukan langkah jemput bola untuk penuntasan perekaman e-KTP. Termasuk juga membuka pelayanan di hari libur. Zudan juga memastikan bahwa kantor Dukcapil akan buka besok. Tetapi, dirinya juga meminta agar masyarakat proaktif untuk merekam.

“Kantor Dukcapil buka terus. Kami minta masyarakat juga proaktif untuk mau melakukan perekaman,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT