test

News

Senin, 30 November 2020 13:17 WIB

Gunung Soputan Waspada, Warga Diimbau Tak Beraktivitas di Radius 1,5 Km

Editor: Ferro Maulana

Aktivitas Gunung Soputan naik jadi level waspada. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ NEWS -  Aktivitas Gunung Soputan di Sulawesi Utara sekarang masih dalam Level II (Waspada). Warga setempat diingatkan agar tidak beraktivitas di dalam radius 1,5 km.

Kawasan berbahaya ini yaitu, dari puncak Gunung Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat-barat daya sejauh 2.5 km yang merupakan wilayah bukaan kawah, untuk menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran.

"Masyarakat juga diingatkan untuk tetap mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar. Terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan. Seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu," terang Pengawas Pos Gunung Soputan Steve Stuward Muaja Rotti, Senin (30/11/2020).

Steve menjelaskan, Gunung Soputan (1809 mdpl) yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, saat ini sesuai hasil pengamatan Minggu (29/11/2020) pukul 00-24 WITA, dilaporkan cuaca cerah, berawan, mendung, dan hujan.

Dalam laporan, angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur laut dan timur. Suhu udara 20-30 °C. Volume curah hujan 2.8 mm per hari. Guguran sebanyak 10 kali dengan Amplitudo 3-7 mm, dan durasi 7-17 detik.

Sementara itu, tektonik jauh sebanyak 2 kali dengan Amplitudo 2-8 mm, S-P tidak terbaca, dan durasi : 60-168 detik. "Bila terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan," tandasnya.

BERITA TERKAIT