test

News

Sabtu, 19 Oktober 2019 12:12 WIB

Intip dari Dekat 72 Mobil Mewah untuk Tamu Negara Dalam Pelantikan Presiden Terpilih

Editor: Redaksi

Mobil-mobil mewah yang siap digunakan untuk tamu negara asing. (Foto: Dok Net/ Setkab)

PMJ – Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab RI) mengungkapkan pemerintah telah mempersiapkan 72 unit mobil mewah untuk digunakan tamu negara pada acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI yang akan dilaksanakan Minggu (20/10/2019).

“Rinciannya adalah Mercedes-Bens S450 sebanyak 11 unit, cadangan 1. Lalu E300 sebanyak 13 unit, E250 ada 4 unit, dan E200 sebanyak 10 unit,” demikian kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menurut Heru, jumlah tersebut merupakan angka diluar kendaraan yang disiapkan untuk pendukung tamu negara, yaitu Alphard 18 unit, Camry 9, dan tentunya Fortuner sebanyak 27.

Setkab namun memastikan bahwa mobil-mobil tersebut bukanlah hasil pembelian negara, namun hanya disewa harian dengan anggaran keseluruhan sebesar Rp 1 miliar.

“Kurang lebih Rp1 miliar. Enggak mahal kok, karena kita hanya minta 4 hari ya, kurang lebih Rp1 miliar,” jelas Heru.

Ia juga menjelaskan bahwa tidak semua mobil tersebut merupakan hasil sewa. Beberapa diantaranya seperti mobil Mercy merupakan mobil yang sudah dimiliki Sekretariat Negara sebelumnya.

Setkab melaporkan, alasan pemilihan mobil-mobil itu untuk tamu negara, menurut Kasetpres, tentunya masalah kenyamanan, lantas mungkin seri terbaru yang perlu dipersiapkan.

Sekedar informasi, hingga saat ini setidaknya ada 6 kepala negara yang langsung akan hadir di pelantikan Jokowi-Ma’aruf Amin Minggu nanti. Daftar dari negara-negara tersebut merupakan Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Australia, Vietnam, dan Myanmar. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT