test

News

Selasa, 28 Januari 2020 10:02 WIB

Ini Pesan Jeff Bezos Bagi Para Entrepreneur Muda

Editor: Ferro Maulana

Orang terkaya di dunia sekaligus pemilik Amazon, Jeff Bezos (Foto: Dok Net)

PMJ - Belakangan ini banyak kaum milenial yang mencoba terjun ke dunia bisnis. Tujuannya tak lain agar memiliki kebebasan finansial dan waktu yang fleksibel. Jadi tak ada salahnya kamu memiliki cita-cita menjadi seorang entrepreneur.

Orang terkaya di dunia, Jeff Bezos menyampaikan pesan khusus bagi pengusaha pemula. Miliarder dengan kekayaan sekitar Rp1.543 triliun menyarankan setiap pengusaha harus bersiaplah untuk mengambil risiko besar dan gagal saat memulai bisnis.

"Ambil risiko. Anda harus mau mengambil risiko. Jika memiliki ide bisnis tanpa risiko, itu mungkin sudah dilakukan. Kamu harus memiliki sesuatu yang mungkin tidak berhasil. Dalam banyak hal, ini akan menjadi eksperimen," ujar Bezos seperti dilansir laman Enterpreneur, Selasa (28/1/2020).

Menurutnya, banyak uji coba di awal bisnis yang gagal. Namun kegagalan besar dikatakan adalah bagian penting dari perjalanan menuju kesuksesan.

"Kami mengambil risiko setiap saat, kami berbicara tentang kegagalan, Kita perlu kegagalan besar untuk menggerakkan jarum. Jika tidak, kita tidak cukup berayun. Kamu benar-benar harus berayun keras, dan kamu akan gagal, tapi tidak apa-apa," ujar dia.

Bezos mengisahkan awal mendirikan Amazon pada tahun 1995, jumlah karyawannya hanya 10 orang. Namun, ia mengubahnya menjadi perusahaan publik paling berharga di dunia. Kini Amazon memiliki nilai kapitalisasi pasar sekitar USD860 miliar atau Rp 11,7 kuadriliun.

Bezos menambahkan bahwa selain berani mengambil risiko dan gagal, pengusaha juga harus bersemangat. Pasalnya, dalam mendirikan bisnis tentunya akan mengalami persaingan. "Kamu akan bersaing dengan mereka yang bersemangat," tandasnya.

Di atas semua itu, lanjut Bezos, pengusaha harus terobsesi dengan pelanggan. Maksudnya, hal yang paling penting adalah memuaskan pelanggan dengan menyenangkannya.(Hdi)

BERITA TERKAIT