test

News

Selasa, 4 Februari 2020 11:32 WIB

Jokowi Buka Rakornas Penanggulangan Bencana 2020

Editor: Ferro Maulana

Presiden Joko Widodo memberikan arahan (Foto: Istagram/@jokowi)

PMJ - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka Rapat Kerja Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana 2020. Acara berlangsung di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Selasa (4/2/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara menyampaikan mewabahnya virus corona di berbagai negara termasuk salah satu bencana yang harus diantisipasi dan disiapkan penanganannya.

Oleh karena itu, Jokowi memerintahkan kepada jajaran terkait untuk menyiapkan skenario penanganan virus Corona jika nantinya ada yang terdeteksi di Indonesia.

"Kita bisa lihat adanya virus Corona. Ini bencana dan harus hati-hati dengan ini, kita harus punya skenario kalau itu terjadi. Moga-moga gak terjadi di negara kita. Kalau terjadi harus punya skenario apa, penyiapan apa, dimana, dikerjakan apa, step-step itu harus dimiliki," jelas Jokowi.

Menurut Jokowi, penyiapan skenario ini sangat penting agar pemerintah tidak gagap dan dapat merespons lebih cepat. Ia pun menilai langkah yang telah dilakukan untuk mengevakuasi ratusan WNI dari Provinsi Hubei, Cina merupakan langkah yang cepat.

Evakuasi ini dilakukan baik oleh Kemenlu, Kemenkes, BPNB, dan juga jajaran TNI-Polri. Karena itu, Presiden pun mengapresiasi kinerja jajarannya dalam melakukan evakuasi ini.

"Hal-hal seperti ini yang saya apresiasi, kecepatan-kecepatan seperti itu," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT