test

News

Minggu, 1 Maret 2020 09:11 WIB

Yuk, Berplesir Menikmati Wisata Alam Eksotis di Kota Wamena

Editor: Ferro Maulana

Danau Habema di Wamena. (Foto: Dok Net/ Istimewa)

PMJ - Keindahan alam dan keragaman budaya Tanah Papua memang menakjubkan, salah satunya di Wamena, Papua. Karena posisi geografisnya yang berada di tengah pegunungan, Wamena menyimpan wisata alam yang begitu indah, eksotis, dan mengalahkan panorama alam di kota lain di Indonesia.

Air Terjun Napua

Wamena mempunyai banyak objek wisata air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Napua. Letak air terjun ini tak jauh dari Kota Wamena. Hanya setengah jam perjalanan, kita sudah bisa menikmati keindahan air terjun setinggi 10 meter ini.

Air terjun ini berada di Kampung Napua di arah Barat Daya dari Kota Wamena. Untuk tiket masuknya, biasanya dikenakan tarif Rp 20.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 50.000 untuk kendaraan roda 4.

Air Terjun Hitigima

Air Terjun Hitigima berada di Distrik Asotipo. Jarak tempuh dari Wamena ke distrik ini, sekitar 40-an menit. Namun dari mata jalan menuju air terjun, kendaraan harus masuk ke dalam sekitar sejam lebih lagi perjalanan.

Lalu untuk mencapai air terjun ini, kita harus berjalan kaki sejauh kira-kira setengah kilo.

Danau Habema

Danau Habema merupakan danau tertinggi di Indonesia yang berada di Taman Nasional Lorentz Papua. Dia berada di ketinggian 3.225 meter di atas permukaan laut, dan memiliki luas sekitar 224,35 hektare dengan keliling 9,79 kilometer.

Sebenarnya nama asli danau ini menurut masyarakat sekitar yaitu Danau Yuginopa. Penamaan Habema berawal dari nama seorang perwira Belanda, Letnan Habema, yang kala itu mengawal tim ekspedisi ke Puncak Trikora, pada 1909.

Untuk mencapai Danau Habema, dibutuhkan waktu sejam lebih tergantung cuaca, jika kita berangkat dari Kota Wamena. Jaraknya kurang lebih sekitar 40-an kilometer.

Rute jalan cukup terjal ditambah jalanan yang berbukit-bukit. Panorama alam yang disuguhkan saat perjalanan, bisa mengobati kelelahan kita. Udaranya yang sejuk, serta bentang alam yang hijau, membuat kita tak sabar untuk mencapai danau.

Bila beruntung, kamu bisa menyaksikan burung Cenderawasih, atau mendengar kicauannya. Ada banyak tanaman endemik Papua seperti Rumah Semut atau anggrek hitam, yang akan Anda temui dalam perjalanan. Belum lama ini, Presiden Joko Widodo pun berkesempatan mengunjungi danau ini.

Saat cuaca cerah, Danau Habema memiliki latar Gunung Trikora atau dulunya disebut Puncak Wilhelmina. Puncak gunung ini diselubungi salju. Alangkah baiknya kita berangkat sejak pagi hari, agar bisa menikmati pesonanya. Suhu udara di sekitar danau, bisa mencapai 0 derajat saat malam, sedangkan siangnya bisa sampai 10 derajat. Gunakan pakaian penghangat jika berkunjung ke danau ini. (DBS/ FER).

BERITA TERKAIT