test

Politik

Kamis, 13 Februari 2020 22:00 WIB

Sensus 2020, Kemendagri Jamin Keamanan Data 266 Juta Penduduk

Editor: Ferro Maulana

Sensus penduduk 2020. (Foto: Ilustrasi/ Dok Net)

PMJ – Jelang pelaksanaan sensus penduduk yang bakal digelar pada tahun 2020 ini, pemerintah menjamin keamanan data setiap warga masyarakat yang telah diserahkan kepada pihak Dukcapil sebanyak 266 juta data penduduk.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri I Gede Suratha dalam diskusi yang bertajuk 'SP2020: Satu Data Indonesia'.

Sekedar informasi, data dari jumlah penduduk itu sudah diserahkan ke Dukcapil oleh Kemendagri pada 25 November 2019 lalu, berdasarkan catatan yang dihimpun per Juni 2019.

"Data kependudukan kita sampai saat ini aman," ungkap Gede di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta Pusat, Kamis (13/02/2020).

Gede memaparkan bahwa sistem informasi administrasi kependudukan yang dikelola hingga saat ini masih terjamin keamananya. Hal itu juga didukung dengan pendampingan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Mudah-mudahan tidak ada yang berhasil menembus, dan sampai saat ini belum ada yang melaporkan bisa menembus ke database kependudukan kita," ungkapnya.

"Sehingga, jika tidak ada kesengajaan atau kejahatan, harusnya data kita terjamin keamananya. Jadi, mudah-mudahan ini dijaga oleh kita semua," pungkasnya. (FER).

BERITA TERKAIT